Menanamkan Pendidikan Moral pada Anak Sejak Kecil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Moral berasal dari bahasa latin yaitu “mores” yang berarti aturan atau tata cara kehidupan atau adat istiadat. Istilah moral selalu diartikan suatu prilaku dan tindakan yang berkaitan dengan norma-norma umum yang mengajarkan seuatu perbuatan yang baik atau benar cara hidup seseorang. Ada 4 hal pokok yang berperan dalam perkembangan sikap moral, diantaranya yaitu :

  1. Interaksi sosial seorang individu sangat mempengaruhi sikap moral. Apabila seorang anak tidak diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya maka anak tidak akan memiliki nilai-nilai norma. Karena interaksi anak akan menentukan standar prilaku yang disetujui dan tidak disetujui oleh lingkungan sosialnya.
  2. Peran kebiasaan, peraturan dan hukum merupakan hal pokok kedua yang dapat mempengaruhi sikap moral. Bagi seorang anak hal pokok tersebut dapat ditanamkan agar mereka dapat hidup wajar dalam lingkungannya. karena ketiga hal ini merupakan standar prilaku seseorang.
  3. Sikap moral dipengaruhi oleh suara hati atau hati nurani. Suatu standar prilaku yang didapatkan anak dari lingkungan akan di internalisasikan oleh anak menjadi naluri hati. Hal tersebut dapat menjadi suatu standar internal yang dapat mengendalikan prilaku individu anak.
  4. Rasa bersalah dan malu dapat mempengaruhi perkembangan sikap moral. Apabila seorang anak telah melakukan suatu tindakan dan menurut suaranya hatinya jika dia telah melanggar maka peristiwa ini akan muncul rasa bersalah pada anak. Rasa bersalah dapat dijadikan sebagai evaluasi diri dan sebagai penjaga yang efisien yang berfungsi untuk menjaga keselarasan prilaku anak dengan nilai moral yang ada di masyarakat. Akibat penilaian lingkungan pada si anak akan menimbulkan rasa malu karena individu tersebut tidak melakukan sikap moral masyarakatnya.

Anak merupakan harta yang tak ternilai harganya. Semua orangtua rela mengorbankan apapun demi kebahagiaan anaknya. Memberikan pendidikan intelektual bukanlah satu-satunya pendidikan terbaik, karena semua itu harus diberikan pendidikan lain seperti pendidikan moral, agama, akhlak dan budi pekerti. Pada masa anak-anak merupakan masa yang paling berharga dalam pembentukan dan karakter seorang anak, sehingga pada masa tersebut sangatlah penting untuk menanamkan pendidikan moral pada anak. Berikut ini beberapa cara menanamkan pendidikan pada anak, yaitu :

  1. Sopan santun

Mengajarkan sikap sopan santun pada anak di usia dini merupakan hal yang harus dilakukan sejak kecil. Meskipun prilaku sopan santun telah diajarkan di dalam pendidikan sekolah akan tetapi sebagai orangtua yang baik anda juga harus menerapkannya di rumah.

  1. Tidak membentak orangtua

Mengajarkan anak untuk tidak membentak orangtua merupakan bagian dari sopan santun. Karena pada hakikatnya seorang yang lebih muda harus memiliki tatakrama saat berhadapan dengan orangtua dan tidak baik jika membentak orangtua.

  1. Selalau berkata jujur

Orang bijak mengatakan kunci sebuah kesuksesan adalah kejujuran. Hal ini perlu anda terapkan pada si kecil untuk selalu berkata jujur dan mengajarkan pada anak untuk tidak berkata bohong.

  1. Mau mengakui kesalahanya

Tanamkan sikap mengaku bersalah pada anak agar anak dapat memperbaiki kesalahannya. Selain itu mengakui kesalahan memberikan manfaat yang baik agar anak lebih berani berbicara atau berinteraksi dengan orang lain.

  1. Rendah hati dan selalu menolong

Ajarkan pada anak untuk selalu bersikap rendah hati dan jangan pernah menyombongkan diri atas apa yang telah raih dan tanamkan dalam diri anak sikap tolong menolong. Karena pada hakikatnya manusia saling membutuhkan dan harus saling tolong menolong. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here