Manfaat Chondroitin Sulfat untuk Sendi

www.youtube.com

SehatFresh.com – Kondroitin sulfat adalah molekul yang ditemukan secara alami dalam tubuh. Molekul ini merupakan komponen utama tulang rawan. Kondroitin membantu menjaga tulang rawan tetap sehat dengan menyerap cairan ke dalam jaringan ikat, memblokir enzim yang memecah tulang rawan, dan menyediakan blok bangunan untuk tubuh menghasilkan tulang rawan baru.

Suplemen kondroitin sulfat telah digunakan untuk mengobati gangguan sendi, seperti osteoarthritis, serta masalah otot-otot, dan sendi lainnya. Kondroitin sulfat membantu menjaga kesehatan sendi serta meningkatkan fungsi sendi.. Osteoarthritis adalah salah satu tanda paling umum yang menunjukkan bahwa Anda mungkin memerlukan suplemen kondroitin sulfat, terutama bila punggung atau lutut yang terpengaruh. Orang dengan kondisi penyempitan ruang sendi juga dapat mengambil manfaat dari kondroitin sulfat.

Sendi yang sehat sangat penting untuk menjalani hidup sehat dan aktif, serta bebas dari rasa sakit. Dalam kondisi sendi seperti osteoarthritis, tulang rawan sendi mengalami kerusakan. Penggunaan kondroitin sulfat dapat memperlambat kerusakan ini dengan memberikan dukungan untuk tulang rawan. Manfaat kondroitin lainnya adalah untuk membantu mengurangi nyeri sendi dan bengkak yang terkait dengan osteoarthritis ringan, serta membantu mengurangi hilangnya tulang rawan.

Tidak ada sumber makanan utama mendapatkan asupan kondroitin sulfat sehingga kebanyakan orang memilih untuk mengambil suplemen kondroitin untuk mendapatkan manfaatnya. Kondroitin dalam bentuk suplemen banyak yang berasal dari sumber alami, seperti tulang rawan hiu atau tulang rawan sapi, dan produksi sintetis.

Tanda-tanda yang mengindikasikan efek dan manfaat setelah menggunakan suplemen kondroitin suplemen sulfat terkait dengan peningkatan kesehatan sendi dan membaiknya gejala arthritis. Menurut drugs.com, studi menunjukkan bahwa kecukupan kondroitin sulfat membantu dalam pembuatan sel proteoglikan (salah satu zat yang membentuk matriks tulang rawan) sehingga memungkinkan terjadinya stimulasi sintesis matriks. Hasilnya, proses penyembuhan semakin cepat. Glukosamin juga sangat penting untuk pembentukan komponen matriks proteoglikan. Oleh karenanya, kombinasi kondroitin dan glukosamin memainkan peran penting dalam pemeliharaan kesehatan sendi. Maka tidak heran, dua komposisi tersebut sering ditemukan dalam banyak suplemen sendi.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa efek kondroitin untuk pengobatan arthritis akan sangat baik bila dikombinasikan dengan glukosamin. Baik itu kondroitin maupun glukosamin, keduanya berdampak tulang rawan dan sendi cairan tubuh, meskipun efek dari keduanya sedikit berbeda. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa kedua zat tersebut sering dikombinasikan menjadi suplemen tunggal. Ketika dikombinasikan, kedua zat tersebut dipercaya memberikan efek pereda nyeri yang lebih baik untuk penderita arthritis moderat dan parah.

Bila Anda bermasalah dengan persendian, Anda mungkin bisa mempertimbangkan suplemen kondroitin. Namun, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ini karena kondroitin bisa berinterakasi dengan obat atau suplemen herbal tertentu. Kondroitin dapat berpengaruh pada tekanan darah. Oleh karenanya, ini perlu menjadi perhatian bagi mereka yang menggunakan obat yang berpengaruh pada tekanan darah.

Kondroitin juga dapat berinteraksi dengan obat yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh, obat yang berpengaruh pada sistem saraf, obat yang larut dalam air, obat yang membahayakan hati, obat yang meningkatkan sensitivitas matahari, obat arthritis, obat asma, obat malaria, obat osteoporosis, obat antikanker, obat antiradang, antivirus, kontrol kelahiran, obat penurun kolesterol, obat diabetes, obat mata, obat gout, obat HIV, non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs), polietilen glikol, dan obat kulit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY