Manfaat dan Sumbernya Vitamin K

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin K merupakan vitamin yang dikategorikan dalam 3 derivasi, yaitu K1, K2 dan K3. Vitamin K memiliki sifat yang mudah larut ke dalam lemak tubuh. Sehingga dapat melancarkan berbagai macam fungsi sistem tubuh dan membantu mempercepat pembekuan darah.

Apa Saja Manfaat Vitamin K?

Vitamin K memiliki beberapa manfaat penting, sebagai berikut:

  • Mempercepat Pembekuan Darah. Vitamin K dapat mempercepat pembekuan darah dalam tubuh. Vitamin K dapat mempercepat produksi prothombin atau plasma darah.
  • Mengantisipasi Jumlah Kalsium yang Berlebihan. Vitamin K dapat membantu struktur tulang menjadi lebih kuat. Kalsium yang berlebihan dapat membuat pembuluh darah justru mengeras atau membeku. Vitamin K dapat membantu tubuh agar tidak mengalami kalsifikasi, sehingga terhindar dari penyakit kardiovaskular. Kalsium sangat baik untuk kesehatan jantung.
  • Menjaga Kesehatan Tulang. Semakin bertamabahnya usia, seseorang bisa mengalami pengeroposan tulang sehingga sangat mudah terjadinya patah tulang saat terjatuh. Vitamin K dapat mencegah berbagai permasalahan tulang seperti osteoporosis. Vitamin K juga sangat baik sebagai nutrisi yang dapat membantu perbaikan jaringan saat terjadi patah tulang.
  • Pencegah Kanker. Vitamin K sangat baik untuk mencegah penyakit kanker, khususnya kanker hati dan paru-paru. Vitamin K dapat menjadi kontrol terhadap penyakit kanker hati karena fungsinya yang mencegah terjadinya pembekuan darah.
  • Pencegahan Penyakit Diabetes. Vitamin K sangat baik untuk mengurangi resiko kurangnya insulin sehingga dapat membantu mengobati penyakit diabetes.
  • Pencegahan Penyakit Hemoragik. Vitamin K dapat mencegah penyakit hemoragik atau pencegah penyakit pendarahan. Bayi disarankan untuk meminum ASI sebab banyak mengandung kalsium alami yang sangat baik bagi perkembangan bayi.

Apa Saja Sumber Vitamin K?

Ada beberapa makanan yang dapat menjadi sumber vitamin K ialah sebagai berikut:

  1. Bayam. Vitamin K banyak tersimpan di dalam bayam. Bayam juga sangat baik sebagai makanan berserat untuk sehari-hari.
  2. Selada. Selada merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin K nabati.
  3. Kacang Polong. Kacang polong banyak mengandung vitamin K yang sangat baik untuk pertumbuhan. Lebih tepatnya vitamin K sangat banyak terkandung di dalam kacang polong.
  4. Kembang Kol. Kembang kol merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin K. Kembang kol banyak dibudidayakan di daerah Eropa sehingga tidak menjadi penghalang bagi pelestarian sayuran.
  5. Brokoli. Vitamin K banyak terdapat di dalam sayuran brokoli, khususnya banyak bertumbuh di area Italia. Brokoli juga banyak dilestarikan di daerah Cina dan India sehingga menjadi sayuran pokok bagi masyarakat di daerah Italia.

Demikian informasi mengenai vitamin K, baik itu manfaat dan sumbernya. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca setia. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here