Manfaat Daun Sirsak untuk Kulit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sirsak, buah berwarna hijau berduri ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Buah ini memiliki daging buah yang lembut dengan rasa asam manis yang menyegarkan. Selain buahnya yang lezat dimakan, ternyata daunnya pun berkhasiat untuk kesehatan. Yang paling populer adalah manfaatnya untuk mengobati kanker. Meskipun manfaat untuk mengobati penyakit mematikan tersebut masih kontroversi hingga saat ini, tapi para wanita wajib tahu manfaat lain dari daun sirsak untuk kecantikan, yaitu menjaga kesehatan kulit.

Sebetulnya, tak heran kalau daun sirsak dianggap sangat baik untuk kesehatan. Selain acetogenin, daun sirsak juga memiliki kandungan protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A, vitamin B, serta senyawa antioksidan antara lain saponin, polifenol dan bioflavonoid. Melihat kandungannya ini, tak heran kalau daun sirsak disebut-sebut sebagai herbal yang ampuh dalam menangkal kanker. Selain itu, kandungan-kandungan dalam daun sirsak juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, diantaranya:

  • Mengatasi jerawat. Daun sirsak mengandung senyawa acetogenin annonaceous, yaitu annomuricine dan muricapentocin. Karena memiliki sifat anti bakteri, kedua senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus dan propionibacterium acnes, yang sering ditemukan pada kulit yang jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya cukup mudah. Ambil 6-7 lembar daun sirsak, cuci bersih kemudian sampai halus. Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit air mawar lalu gunakan sebagai masker.
  • Mengobati eksim. Meskipun penyebab eksim belum diketahui secara pasti, sejumlah ahli meyakini bahwa penyakit kulit ini berhubungan dengan sistem imun yang lemah. Terkait ini, kandungan daun sirsak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Untuk pengobatan dari dalam, rebuslah 5 lembar daun sirsak dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Air rebusan diminum 1 kali sehari. Sedangkan untuk pengobatan dari luar, haluskan beberapa lembar daun sirsak kemudian tempelkan di bagian di area kulit yang terkena eksim. Namun, jika pengobatan daun sirsak ini dirasa tidak membantu, jangan menunda waktu untuk segera memeriksakannya ke dokter.
  • Mengobati bisul. Bisul merupakan sebuah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan bernanah, yang umumnya disebabkan infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut, terutama pada area yang cenderung berkeringat. Umumnya bisul juga disebabkan bakteri staphylococcus aureus. Merujuk pada penjelasan sebelumnya, kandungan antibakteri dalam daun sirsak juga dapat membantu meredakan bisul.

Caranya, cukup ambil 5-10 helai daun sirsak, cuci bersih, lalu haluskan untuk mengeluarkan ekstraknya. Setelah itu, daun sirsak yang telah halus tersebut ditempelkan pada area bisul. Lakukan secara rutin dan konsisten setiap hari hingga bisul pecah dan mengering. Daun sirsak juga dapat dijadikan sebagai bagian dari pengobatan bisul dari dalam dengan meminum air rebusannya. Namun, bila besarnya bisul lebih dari 5 cm, atau bisul tak juga sembuh dalam 2 minggu, segera periksakan ke dokter guna mencegah infeksi lebih lanjut.

  • Mencegah penuaan dini. Timbunan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi lingkungan dan asupan makanan yang tidak sehat merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit di usia muda. Efek radikal bebas ini mengakibatkan kerusakan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit sehingga mempercepat penuaan dini. Seperti kita tahu bahwa konsumsi antioksidan sangat dianjurkan untuk menangkal efek radikal bebas ini. Karena daun sirsak mengandung senyawa antioksidan, teh daun sirsak atau air rebusan daun sirsak juga dapat membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Daun sirsak jangan dimakan secara mentah. Pasalnya, getah pada daun sirsak dapat menyebabkan diare dan kejang-kejang. Meskipun bermanfaat dan merupakan herbal alami, konsumsi daun sirsak secara rutin juga sebaiknya mempertimbangkan dosis yang tepat sehingga lebih baik dikonsultasikan dahulu dengan dokter, terlebih bila Anda juga menderita suatu penyakit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY