Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan Remaja

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika aktivitas bernyanyi sangat digemari berbagai golongan usia, khususnya remaja. Hal tersebut karena bernyanyi memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seseorang, khususnya emosional dan psikologis. Dengan bernyanyi hati dan pikiran menjadi senang, karena sejenak bisa melupakan rutinitas sehari-hari.

Hampir semua orang yang hidup di dunia ini pasti pernah bernyanyi. Seseorang dalam bernyanyi tidak harus berlatih vokal atau mengikuti kontes terlebih dahulu. Siapapun bisa bernyanyi di mana saja, bahkan di  kamar mandi sekalipun.

Ketika seseorang bernyanyi sambil mendengarkan alunan musik favoritnya, maka munculah perasaan bahagia. Seakan-akan semua persoalan hidup yang sedang membelit hilang seketika. Bernyanyi memang sangat berkaitan erat dengan kesehatan psikologis atau emosional seseorang.

Remaja yang masih dalam tahap pencarian jati diri, kerap dihadapkan pada berbagai masalah. Bisa saja masalah di lingkungan sekolah, masalah dengan teman, atau masalah di dalam keluarga. Untuk menjaga kondisi emosional agar tetap stabil, maka remaja disarankan untuk bernyanyi. Berikut ini beberapa manfaat bernyanyi bagi kesehatan remaja.

  1. Bernyanyi dapat membantu menyehatkan paru-paru. Dengan bernyanyi maka paru-paru remaja akan kuat dan sehat. Hal tersebut diakibatkan adanya kontraksi otot di dalam tubuh.
  2. Bernyanyi dapat meningkatkan energi. Ketika bernyanyi tubuh dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat remaja lebih berenergi dan bersemangat. Pelepasan hormon endorfin juga dapat membangkitkan suasana hati atau mood.
  3. Bernyanyi dapat menjaga suara tetap terkontrol. Bernyanyi menjadi salah satu langkah terbaik dalam melatih pita suara, sekaligus menjaga suara agar tetap terkontrol.
  4. Bernyanyi dapat menguatkan otot perut. Remaja dapat melatih kekuatan otot perut khususnya diafragma, dengan bernyanyi. Namun dengan catatan bernyanyi dilakukan secara benar, sekaligus mengandalkan otot perut. Pasalnya sering dijumpai orang-orang yang masih sering bernyanyi dengan mengandalkan kekuatan otot leher.
  5. Bernyanyi dapat membuat wajah terlihat awet muda. Hal tersebut terjadi karena saat bernyanyi otot-otot wajah menjadi kencang dan kuat, sehingga selalu awet muda.
  6. Bernyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Pakar kesehatan percaya bahwa dengan bernyanyi dapat meningkatkan unsur positif pada tubuh seseorang. Hal tersebut terjadi karena saat bernyanyi, sirkulasi darah menjadi meningkat. Oksidasi sel pun terjadi, sehingga imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh meningkat.
  7. Bernyanyi dapat mengatasi depresi dan stres. Bernyanyi juga dapat menyegarkan pikiran, telebih jika dilakukan bersama teman-teman disertai canda dan tawa. Tentu saja kondisi ini membuat acara menjadi lebih bermakna.
  8. Bernyanyi dapat menyembuhkan insomnia. Tidak dipungkiri jika insomnia membuat sebagian orang stres. Dengan bernyanyi stres menjadi hilang, sehingga mata mudah terpejam dan tertidur.

Bernyanyi dapat memperbaiki postur tubuh. Posisi bernyanyi yang benar dapat membuat postur tubuh remaja menjadi tertata dengan baik. Bahu dan punggung menjadi lurus, hingga akhirnya postur tubuh proporsional. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY