Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rambut merupakan mahkota sehingga kesehatannya perlu dijaga. Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut adalah memanfaatkan bahan alami yang tersedia di alam, seperti kemiri. Kemiri merupakan salah satu bahan rempah untuk bumbu masak. Selain sebagai bumbu masak, kemiri juga bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaatnya yang cukup populer adalah untuk menjaga kesehatan rambut baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karenanya, kemiri sering ditonjolkan sebagai bahan “ampuh” dalam berbagai produk perawatan rambut.

Kemiri yang telah diekstrak menjadi minyak adalah yang paling sering digunakan untuk tujuan perawatan kulit ataupun rambut. Berdasarkan hasil penelitian, minyak kemiri sedikitnya memiliki kandungan unsur gizi maupun unsur non gizi, yaitu:

  1. Zat gizi mikro antara lain vitamin, asam folat, serta fitosterol yang dapat membantu masalah kolesterol. Selain itu, minyak kemiri juga mengandung mineral antara lain kalium, magnesium, fosfor, kalsium, zinc, zat besi, tembaga, dan selenium.
  2. Zat gizi makro antara lain protein, lemak dan karbohidrat.
  3. Zat non gizi antara lain saponin, flavonida, dan polifenol.

Minyak kemiri yang mengandung cukup banyak protein sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut termasuk juga rambut anak-anak. Anak-anak juga tidak lepas dari bahaya kerusakan rambut. Paparan sinar matahari merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan warna dan kesehatan rambut anak. Ini membuat warna rambut memudar, menimbulkan ketombe, kerontokan dan masalah kesehatan rambut lainnya. Dengan hanya mengoleskan minyak kemiri secara teratur, anak dapat memperoleh semua manfaat dari minyak kemiri untuk kesehatan rambut, seperti:

  • Merangsang pertumbuhan rambut. Rambut anak Anda tipis? Minyak kemiri bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah ini. Seperti telah disebutkan di atas, ada banyak kandungan bermanfaat dalam minyak kemiri. Kandungan protein dan mineral yang tinggi dalam minyak kemiri dapat sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Dengan rajin mengoleskan minyak kemiri pada rambut anak, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih cepat dan juga lebih lebat. Karena rambut menjadi lebih ternutrisi, pertumbuhan rambut yang baru akan lebih sehat. Selain rambut, minyak kemiri juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan alis agar lebih tebal.
  • Menguatkan rambut. Sering terpapar sinar matahari juga membuat rambut anak menjadi rapuh. Panas sinar matahari membuat lapisan kutikula pada rambut menjadi. Untuk mengatasi dan mencegah masalah rambut ini, Anda bisa menggunakan minyak kemiri sebagai bagian dari perawatan rambut rutin anak Anda.
  • Menghitamkan rambut. Selain membantu mengatasi masalah rambut anak yang tipis, kemiri juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut anak secara alami. Perawatan rambut dengan minyak kemiri dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi warna rambut anak yang tampak kusam. Selain menghitamkan, minyak kemiri juga membuat rambut tampak lebih berkilau.
  • Rambut menjadi mudah diatur. Rambut anak yang ikal seringkali sulit ditata. Perawatan rambut dengan minyak kemiri dapat membantu membuat rambut lebih mudah diatur dan membantu meluruskan rambut secara alami.

Memanfaatkan kemiri untuk perawatan rambut tidaklah sulit. Pertama, cukup ambil beberapa butir kemiri, kemudian dibakar atau disangrai, setelah itu tumbuk sampai halus. Minyak yang dihasilkan dari proses ini dapat langsung dioleskan ke area rambut. Bila merasa repot, saat ini sudah banyak tersedia produk minyak kemiri siap pakai atau produk perawatan rambut anak yang menggunkan minyak kemiri sebagai bahan utamanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY