Manfaat Olahraga Pada Remaja

0
235
Asian children playing soccer

SehatFresh.com – Dalam kehidupan modern sekarang ini, banyak orang yang melupakan pentingnya olahraga untuk tubuh. Padahal olahraga merupakan cara untuk sehat yang paling murah dengan hasil yang mengagumkan untuk kebugaran badan. Selain itu olahraga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja baik siang maupun malam sesuai keinginan. Olahraga sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang terutama bagi para remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Secara umum manfaat olahraga pada remaja berpengaruh pada kondisi kesehatan secara menyeluruh, tetapi beberapa manfaat spesifiknya adalah:

  1. Mencegah obesitas

Pada usia remaja risiko obesitas menjadi meningkat karena saat remaja tubuh lebih membutuhkan banyak asupan makanan dalam mengisi waktu luang disela kegiatan yang padat. Olahraga dapat membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh sehingga meminimalkan risiko obesitas.

  1. Mendukung pertumbuhan tulang dan otot

Masa remaja adalah puncak pertumbuhan tubuh dan otot. Jika olahraga dilakukan secara rutin maka akan berdampak positif bagi tubuh serta pertumbuhan. Memiliki tulang yang kuat bisa mengurangi resiko keropos tulang dimasa depan, dan pertumbuhan otot yang baik akan membuat tubuh terlihat lebih ideal. Pilihlah olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang, seperti basket, bersepeda, dan berenang.

  1. Meningkatkan koordinasi tubuh

Otot yang fleksibel dapat membantu mencegah keseleo, kram dan masalah punggung. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otot serta meningkatkan kualitas postur tubuh sehingga memperbaiki penampilan Anda. Senam, yoga dan sebagainya dapat menjadi pilihan olahraga untuk meningkatkan koordinasi tubuh.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Sebuah studi menunjukkan bahwa aktifitas fisik dapat membuat fungsi dan kemampuan otak berkembang menjadi lebih baik. Olahraga berpengaruh pada prestasi akademik karena berolahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, gerakan tubuh ketika berolahraga juga dapat merangsang produksi hormon-hormon yang menciptakan rasa tenang yang berpengaruh terhadap konsentrasi belajar di kelas. Beberapa penelitian lain bahkan menemukan bahwa olahraga dapat membentuk saraf-saraf baru yang membuat fungsi otak meningkat.

  1. Tidur lebih nyenyak

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berolahraga di pagi hari mempunyai siklus tidur lebih baik dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore hari. Hal ini dikarenakan otot-otot membutuhkan waktu untuk rilaks dan kembali normal setelah berolahraga, sehingga beolahraga di sore hari dapat mengganggu tidur Anda.

  1. Mengurangi stress

Depresi tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Para remaja juga bisa mengalaminya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga bisa membantu mengatasi masalah depresi pada remaja. Olahraga berkaita dengan peningkatan mood sehingga menurunkan rasa tidak nyaman akibat depresi hingga 63 persen.

Anak-anak dan remaja disarankan untuk berolahraga sebanyak 35-60 menit setiap harinya. Pilihlah jenis aktivitas yang bervariasi dan yang disukai agar tidak cepat bosan. Masa remaja adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting. Selain aktif berolahraga, nutrisi yang lengkap dan seimbang juga penting untuk memaksimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan di masa remaja.

Sumber gambar : intisari-online.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY