Mendiagnosa Penyakit Melalui Warna dan Tekstur Lidah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masih sedikit orang yang tahu bahwa kita bisa memeriksa kesehatan diri sendiri dengan melihat warna dan juga tekstur lidah. Sebagaimana kita ketahui, selain membantu dalam menikmati makanan lezat, lidah juga memiliki fungsi penting untuk menunjukkan kondisi kesehatan. Inilah alasan mengapa dokter sering meminta pasiennya menjulurkan lidah mereka keluar untuk memeriksa warna dan tekstur lidah dengan tujuan mendiagnosis suatu penyakit.

Lidah adalah gabungan otot yang kaya akan pembuluh darah, sehingga ketika terjadi perubahan tekstur dan warna pada lidah, ini menunjukkan adanya masalah pada kesehatan Anda. Karena inilah, lidah merupakan salah satu pendeteksi adanya penyakit dalam tubuh Anda. Peran utama lidah adalah sebagai pengecap dan pendeteksi rasa pada makanan seperti manis, pahit, asin, pedas maupun asam. Namun banyak yang mengabaikan peranan lidah sehingga tidak memperhatikan kebersihannya dan kebanyakan orang lebih memperhatikan kesehatan pada gigi dan gusi mereka. Ternyata kenyataannya, permukaan lidah merupakan tempat pelabuhan bakteri sehingga perlu perawatan secara rutin. Membersihkan lidah Anda bisa dengan menggunakan kain yang lembuh.

Kondisi lidah seseorang dapat dilihat dari tekstur warnanya, sehingga tidak sulit mengkategorikan lidah yang sehat dengan yang tidak sehat. Bisa dilihat dari warna lidah maupun teksturnya untuk bisa mengetahui kesehatan tubuh seseorang. Warna lidah yang sehat adalah pink terang dan lembab, maka jika lidah Anda memiliki warna merah gelap, hal ini menandakan adanya peradangan dalam tubuh. Dalam kasus yang lebih parah, kondisi lidah juga bisa menandakan kanker. Jika Anda adalah perokok, warna lidah cokelat dan hitam menandakan kelebihan konsumsi tembakau. Jika lidah Anda tidak bertekstur, ini pertanda bahwa Anda kekurangan zat besi. Sementara jika lidah kering, ini adalah tanda stres, karena kelenjar ludah tidak berfungsi secara optimal. Jika lidah Anda sehat, ia pasti akan memiliki lapisan transparan tipis diatasnya.

Berikut penulis paparkan beberapa arti warna lidah terhadap kondisi kesehatan pada tubuh.

  1. Lidah Berwarna Cokelat

Anda harus berhati-hati apabila lidah Anda berwarna cokelat, karena hal ini bisa menjadi pertanda adanya kanker kulit melanoma stadium awal. Jika Anda melihat adanya bercak cokelat pada lidah yang semakin lama semakin menghitam, segeralah periksakan diri ke dokter.

  1. Lidah Berwarna Hitam

Kondisi lidah berwarna hitam adalah sangat berbahaya. Ini bisa menandakan lidah yang mati rasa dan bagian rongga mulut tidak bersih yang diakibatkan oleh bakteri yang tersimpan dan berkembang sepanjang permukaan lidah sehingga membentuk bercak-bercak hitam di lidah. Merokok dan minum kopi juga bisa menjadi penyebab hitamnya warna lidah Anda.

  1. Lidah Berwarna Putih

Lidah berwarna putih umumnya terjadi pada seseorang yang mengalami kurang darah, penderita typus, influenza, atau mengalami masalah pencernaan.

  1. Lidah Berwarna Ungu

Warna ungu pada lidah dapat menjadi pertanda seseorang mengalami peredaran darah yang kurang lancar dan pertanda mengalami demam.

  1. Lidah Berwarna Kuning

Lidah berwarna kuning bisa menjadi pertanda bahwa orang tersebut terlalu banyak merokok dan mengkonsumsi makanan pedas.

  1. Lidah Berwarna Merah

Warna merah pada lidah biasanya terjadi pada seseorang yang sedang mengalami panas tinggi. Jika terdapat bintik-bintik merah pada lidah, ini menandakan orang tersebut memiliki masalah dengan liver.

Itulah beberapa penjelasan mengenai warna lidah yang bisa menjadi indikator diagnosis penyakit dan kondisi tubuh Anda. Kenali tanda-tanda ini untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan yang tidak Anda inginkan. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here