Manfaat Senam Kegel untuk Pria

SehatFresh.com – Senam kegel bertujuan untuk membuat kontraksi kecil di otot panggul yang mampu menguatkan uretra, rahim, kandung kemih, hingga dubur. Senam kegel merupakan senam yang dikembangkan oleh Dr. Arnold Kegel. Ia adalah seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles. Ia mengembangkan senam ini sekitar tahun 1950-an.

Tak sedikit orang yang bilang bahwa senam kegel juga dikenal sebagai senam seks. Senam yang satu ini menjadi sangat penting untuk menguatkan pelvic floor muscles atau pubococcygeal (PC) muscle. Otot ini berguna untuk mengontrol keluarnya air seni.

Senam Kegel tidak membutuhkan tahapan dan instruksi rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Sebagai langkah awal, senam kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah. Pada pria, jika Anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testikel akan naik.
  • Kosongkan kantung kemih. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah Anda, tahan hingga lima detik, kemudian lepaskan. Ulangi empat sampai kali. Kemudian tingkatkan durasi dari lima ke 10 detik.
  • Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, serta tetaplah bernapas bebas.

Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3×10 kali. Namun, hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena justru dapat melemahkan otot panggul serta berisiko mengidap infeksi saluran kencing.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerakan ini sebaiknya dilakukan setiap hari. Anda tidak memerlukan waktu dan ruang khusus untuk melakukannya. Senam kegel dapat dilakukan ketika Anda sedang duduk mengetik atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul Anda makin kencang, cobalah untuk melakukan senam kegel sambil berdiri atau berjalan.

Berikut ada beberapa manfaat yang bida di dapat melalui senam kegel.

  • Menjaga kebugaran tubuh. Berlatih senam kegel dengan teratur dapat menjaga kebugaran tubuh. Sebab, senam ini dapat menguatkan otot panggul. Sehingga otot panggul yang kuat akan membuat tubuh lebih sehat dan terlihat bugar.
  • Meningkatkan kepuasan ketika berhubungan intim dengan pasangan. Senam kegel dapat menjadi sarana meningkatkan kepuasan ketika berhubungan intim. Sebab, dengan rutin melakukan senam kegel, makan daya tahan penis Anda akan meningkat dan lebih tahan lama.
  • Mampu mencapai orgasme yang memuaskan dan dahsyat. Seorang pria mampu mencapai orgasme yang memuaskan dan dahsyat dengan melakukan senam kegel secara teratur. Hal ini dikarenakan otot panggulnya menjadi kuat.
  • Memperbesar ukuran penis. Dengan melakukan senam kegel secara teratur, bukan hanya otot panggul dan otot sekitar panggul yang menjadi kuat, tapi juga otot pada penis pria.
  • Mengatasi masalah prostat. Senam kegel yang dilakukan rutin juga mampu mengatasi masalah prostat pada pria. Sebab, senam kegel memiliki fungsi memperbaiki kelenjar prostat dan masalah yang berhubungan dengan kelenjar prostat.

Sumber gambar : www.elifmedika.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY