Penyebab Maag Pada Wanita

SehatFresh.com – Terkadang, cirri-ciri sakit maag sering diabaikan karena dianggap sebagai ciri atau gejala penyakit yang biasa saja. Namun jika diabaikan, maka bisa jadi penyakit maag tersebut bertransformasi menjadi maag akut yang tentu saja lebih berbahaya untuk kesehatan. Terlebih penyakit ini juga dapat menyerang semua kalangan baik muda maupun tua. Pada wanita, maag sering dianggap penyakit sepele. Bahkan wanita lebih rentan terserang penyakit maag. Penyebabnya adalah stres, makan tidak teratur, rokok, alkohol, diet yang salah dan obat-obatan tertentu.

Gejala yang ditimbulkan sama dengan penyakit maag pada umumnya yaitu lambung merasakan nyeri atau pedih pada ulu hati meski baru saja selesai makan. Pemicu sakit maag adalah makan tdak teratur. Pola makan tidak teratur atau menunda waktu makan tidak baik bagi lambung. Kesibukan kerja atau belajar sering mandorong wanita mengisi perut dengan makan seadanya, tanpa memikirkan nilai gizinya. Kebiasaan ini mengacaukan kerja lambung dalam memproduksi asam lambung.

Tidak hanya itu, untuk mendapatkan tubuh yang ideal, terkadang para wanita melakukan berbagai cara mulai dari meminum obat diet serta diet dengan cara mengurangi asupan makanan dalam tubuh. Sering ditemukan obat pelangsing yang justru membuat produksi asam lambung terganggu. Diet ketat yang hanya mengonsumsi buah-buahan atau sayuran akan menimbulkan gangguan pencernaan. Jika diet tidak dilakukan dengan benar maka dampaknya akan sangat terasa, yaitu gangguan pada lambung sampai menimbulkan maag.

Wanita yang tengah hamil trimester pertama, sering mual, kembung, dan muntah. Biasanya wanita mengalami keluhan demikian memang telah lama memiliki gejala sakit maag. Ada juga wanita yang menderita gejala seperti sakit maag karena kehamilannya. Gejala itu disebut hyperesis gravidarum.

Faktor Pemicu terjadinya Penyakit Maag

Hal lain yang perlu diketahui adalah kenyataan bahwa penyakit maag organik bisa dipicu oleh obat-obatan. Terutama obat reumatik yang bersifat mengiritasi lambung, seperti obat Anti-Inflamasi Non Steroid (OAINS), antibiotik makrolides, metronidazole, dan kortikosteroid.

Faktor pemicu penyakit maag lainnya adalah menelan terlalu banyak udara. Misalnya, mereka yang punya kebiasaan mengunyah secara salah (dengan mulut terbuka atau sambil berbicara). Mereka yang senang menelan makanan tanpa dikunyah (biasanya konsistensi makanannya cair). Merokok, kafein (kopi), alkohol atau minuman yang dikarbonasi atau sistim pertahanan mukosa lambung sensitif juga bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit maag.

Kebiasaan dan pola makan yang salah, seperti makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, dapat menimblkan iritasi pada lambung, pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit maag.  Pola makan dan tingkat stres tinggi dapat menimbulkan penyakit maag pada wanita, alangkah baiknya Anda dapat mengatur pola makan dan menjaga asupan makan yang baik. Diusahakan untuk tidak meminum minuman yang mengandung alkohol karena kandungan yang terdapat dalam alkohol dapat melukai lambung (maag) dan buka tidak mungkin bisa menyebabkan kematian.

Sumber gambar : kesehatanaz.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY