Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selama ini mungkin produk susu selalu identik dengan sapi. Padahal, susu kambing memberikan manfaat yang tidak kalah menyehatkan. Bahkan, beberapa peneliti menilai kandungan nutrisi dalam susu kambing lebih baik dibanding susu sapi.

Pasalnya, kandungan nutrisi dan gizi dalam susu kambing sangat mirip dengan ASI, sehingga lebih mudah dicerna dalam tubuh manusia sama seperti ASI. Selain mengandung kalsium, susu kambing nyatanya juga kaya antioksidan dan asam lemak baik yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Berikut ini beragam manfaat susu kambing bagi kesehatan yang harus ketahui:

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat susu kambing yang bisa di dapatkan adalah terjaganya kesehatan tulang. Susu kambing kaya akan kalsium dan fosfor yang berguna bagi pembentukan tulang. Susu kambing mengandung lebih banyak vitamin A, potasium, dan niacin jika dibandingkan dengan susu sapi. Namun susu kambing mengandung lebih sedikit asam folat, vitamin B12, dan selenium.

  1. Mengobati diabetes

Susu kambing adalah asupan baik yang bisa di konsumsi. Khasiat susu kambing ini bisa didapatkan berkat kandungan A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk mendapatkan manfaat susu kambing dengan maksimal, minumlah susu kambing tanpa tambahan pemanis.

  1. Mengobati gangguan pernapasan

Flourin dan betakasein yang terkandung dalam susu kambing sangat baik untuk mengobati penyakit gangguan pernapasan. Manfaat susu kambing sangat berguna bagi  yang mempunyai penyakit asma atau gangguan pernapasan lain.

  1. Mudah diserap dan dicerna tubuh

Dibandingkan dengan susu sapi, lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih rendah. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung juga lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Tidak hanya rendah lemak, susu kambing pun memiliki kandungan laktosa atau gula yang rendah. Itu sebabnya, bagi seseorang yang mungkin mengalami intoleransi terhadap laktosa atau kesulitan mencerna susu sapi, mengonsumsi susu kambing bisa jadi solusi yang tepat.

  1. Mengobati penderita psoriasis

Manfaat susu kambing juga bisa dirasakan oleh mereka yang menderita peradangan kulit menahun (psoriasis). Beberapa kasus menunjukkan penderita psoriasis merasa mengalami perbaikan gejala setelah mengganti asupan susu sapi dengan susu kambing. Akan tetapi, sejauh ini belum terdapat penelitian yang menerangkan efek ini secara rinci.

  1. Mencegah penyakit saraf

Kandungan kalsium pada susu kambing sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, gigi serta mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan zinc dan magnesium yang merupakan antioksidan dalam susu kambing juga dapat mencegah penyakit saraf.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seseorang yang mudah sakit bisa mengambil manfaat susu kambing untuk mengatasi masalah ini. Karena susu kambing mengandung lebih banyak flourin dari pada susu sapi.

  1. Meningkatkan produksi ASI

Kandungan kalsium susu kambing lebih banyak dibanding dengan susu sapi, tentunya susu kambing baik dikonsumsi oleh wanita hamil terutama pada usia 6 bulan. Pada masa ini janin membutukan kalsium untuk menguatkan dan pembentukan tulang. Selain itu, susu kambing juga meningkatkan produksi ASI.

  1. Membantu meningkatkan kecerdasan

Manfaat susu kambing lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan otak tetap optimal. Hal ini berkat kandungan Riboflavin (Vit B2) dan B3. Kedua zat ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf. Bagi ibu hamil, mengonsumsi susu kambing sangat baik karena dapat meningkatkan kecerdasan anak dalam kandungan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here