Manfaat Tetap Aktif Bergerak saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita ketika sedang hamil mungkin akan berpikir untuk tidak melakukan kegiatan apa-apa. Padahal meski sedang hamil, wanita seharusnya juga tetap beraktivitas untuk menjaga kondisi tubuh. Lantas apa saja manfaat tetap aktif bergerak saat hamil?

Aktif bergerak atau melakukan olahraga bagi ibu hamil sangat diperlukan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa berolahraga saat trimester kedua dan ketiga kehamilan dapat membantu ibu dalam menjaga berat badan bayi. Dengan demikian berat badan bayi tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk ketika dilahirkan.

Penelitian ini melibatkan 210 wanita hamil, yang sedang berada pada trimester kedua dan ketiga. Wanita hamil tersebut diminta melakukan latihan kurang lebih 50 sampai 55 menit dalam satu hari. Olahraga yang dijalani antara lain aerobik, latihan menguatkan otot, serta latihan fleksibilitas. Latihan tersebut dalam satu minggu dilakukan tiga hari sekali.

Di lain pihak sebanyak 218 wanita dengan usia kehamilan yang sama, diminta tidak berolahraga. Lantas apa hasilnya? Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa wanita yang tetap berolahraga ketika hamil mempunyai resiko 58% lebih rendah dalam melahirkan bayi yang mempunyai kelebihan berat badan.

Penelitian terkait ibu hamil memang banyak dilakukan. Misalnya saja sebuah penelitian lain yang membuktikan jika bayi yang mempunyai kelebihan berat badan akan beresiko lebih besar mengalami cedera ketika dilahirkan. Selain itu bayi juga bisa mempunyai berbagai penyakit di masa depan seperti jantung, obesitas, dan lain sebagainya.

Ibu hamil mungkin memiliki pemikiran jika berolahraga harus mengunjungi gym, kemudian bergerak dalam beberapa menit, dan mengeluarkan banyak keringat. Hal tersebut yang akhirnya membuat ibu hamil merasa malas. Padahal terdapat banyak cara untuk dapat tetap berolahraga ketika sedang hamil. Misalnya saja dengan berjalan-jalan di pagi atau sore hari, melakukan yoga, hingga berenang.

Namun sebelum melakukan olahraga, pastikan ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan. Ibu hamil juga dapat meminta bantuan instruktur atau pelatih yang memiliki keahlian dalam membantu senam kehamilan.

Intinya hamil bukanlah sebuah alasan untuk tidak bergerak atau berolahraga. Wanita dianjurkan untuk tetap bergerak dan berolahraga ketika hamil, kesehatan pribadi dan janin tetap terjaga. Lantas secara khusus, apa saja manfaat bergerak dan berolahraga bagi ibu hamil?

  1. Ibu hamil dapat terhindar dari obesitas selama menjalani masa kehamilan.
  2. Ibu hamil bisa menjaga ketersediaan kalori di dalam tubuh.
  3. Ibu hamil bisa menjaga tekanan darah agar stabil sehingga dapat mengurangi mual atau muntah.
  4. Ibu hamil bisa menjaga kondisi tubuh sehingga lebih bugar.
  5. Ibu hamil bisa mengatasi nyeri pada punggung.
  6. Ibu hamil bisa menjaga kondisi paru-paru sehingga menjadi lebih sehat.
  7. Ibu hamil bisa menjaga volume sel darah tidak berkurang sehingga dapat mencegah terjadinya anemia kehamilan.
  8. Ibu hamil bisa menjaga kadar oksigen di dalam darah sehingga tetap lebih banyak.
  9. Ibu hamil bisa mendapatkan waktu istirahat atau tidur yang lebih berkualitas setelah bergerak/berolahraga.
  10. Bergerak atau berolahraga dapat membantu dalam mempermudah proses kelahiran. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here