Manfaat Vitamin D untuk Kesuburan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi anda pasangan suami istri, setelah melangsungkan pernikahan pasti tujuan anda selanjutnya adalah memiliki momongan. Mengenai mendapatkan momongan, ada pasangan suami istri yang cukup mudah mendapatkan momongan dan ada yang kesulitan sampai bertahun-tahun paska pernikahan belum bisa hamil.

Jika anda termasuk dalam kelompok yang belum bisa mendapatkan momongan. Maka ada salah satu cara yang dapat anda coba untuk meningkatkan kesuburan sehingga andapun bisa hamil. Cara tersebut yaitu dengan mengonsumsi vitamin D. Vitamin D ini dipercaya bermanfaat untuk kesuburan.

Manfaat vitamin D untuk kesuburan terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Medical University of Graz di Austria. Penelitian yang dipimpin oleh Dr Elisabeth Lerchbaum tersebut menghasilkan penelitian bahwa vitamin D khususnya yang berasal dari sinar matahari ( sumber vitamin D alami) dapat meningkatkan jumlah sperma pria serta menyeimbangkan hormon seks pria dan wanita.

Mendapatkan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari merupakan cara termudah dan juga besar manfaatnya. Jadi patut anda coba. Anda bisa berjemur setidaknya 20 menit setiap harinya. Namun, saat berjemur anda harus memastikan bahwa paparan sinar matahari yang anda dapatkan seimbang sehingga terhindar dari kulit terbakar atau bahkan kanker kulit.

Meski bermanfaat juga pada laki-laki, vitamin D yang berasal dari sinar matahari akan lebih terasa pada wanita. Hal tersebut terlihat pada wanita yang jarang terkena sinar matahari maka juga akan lebih jarang berovulasi serta memiliki peluang yang lebih kecil bagi sel telur yang dibuahi untuk menempel pada rahim.

Apabila anda tidak cukup nyaman dengan mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari, anda bisa mendapatkan vitamin D dari sumber lain. Sumber lain vitamin D yang cukup mudah yaitu dengan membeli suplemen vitamin D yang tersedia di pasaran atau apotek. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi telur, minyak ikan, hati, sereal, dan susu bubuk. Namun makanan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan vitamin D sebanyak yang anda dapatkan dari sinar matahari. Makanan tersebut hanya mampu mencukupi kebutuhan vitamin D anda kurang lebih 20 persen. Oleh karena itu seimbangkan asupan makanan anda dan juga vitamin D dari sinar matahari.

Itulah manfaat vitamin D untuk kesuburan. Agar menyenangkan, anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari tidak hanya dengan berjemur, anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan jalan santai di pagi hari atau saat pergi ke pasar untuk membeli sayur. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here