Pertolongan Pertama saat Anak Terluka Karena Tertusuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa anak-anak merupakan masa dimana sedang aktifnya tubuh untuk selalu bergerak. Anak-anak biasanya akan menghabiskan waktunya dengan bermain. Anak anda bisa saja bermain di rumah ataupun di luar. Jika di rumah anda bisa mengawasinya dengan baik tapi jika di luar mungkin tidak akan seketat saat anda mengawasi anak di rumah karena di luar lebih luas dibandingkan di rumah, jadi anak menjadi bebas.

Karena anak bebas bermain apa saja, maka kemungkinan apa saja juga bisa terjadi pada anak anda. Seperti halnya terluka, apalagi jika luka tersebut berupa tusukan. Luka tusukan cukup berbahaya bagi anak anda karena dapat menyebabkan infeksi. Infeksi tersebut dapat terjadi jika luka tusuknya dalam dan membentuk lubang, dimana lubang tersebut bisa menjadi jalan kuman atau bakteri menginfeksi daerah luka tersebut. Jika bakteri berhasil masuk maka infeksi bisa jadi serius.

Dengan hal itu, pasti akan membuat anda khawatir dan mencari cara agar anak anda tidak terinfeksi bakteri. Agar luka anak anda tidak terinfeksi, anda bisa melakukan beberapa pertolongan pertama kepada anak, saat mereka terkena luka tusukan.

Hal yang pertama harus anda lakukan untuk menolong anak yang terkena luka tusukan adalah cuci tangan dengan bersih bila perlu menggunakan sabun. Dengan itu, tangan anda akan bersih dan tidak akan menambah jumlah bakteri yang dapat masuk ke luka. Setelah itu, pegang daerah luka dan periksa keadaan luka yang tertusuk. Lalu gunakan air yang mengalir untuk mencuci luka dengan sabun dan bilas dengan baik selama kurang lebih lima menit.

Jika terjadi perdarahan pada luka, maka sebaiknya segera bawa anak anda ke dokter karena mungkin anda akan kesulitan dalam mengatasi perdarahan yang terjadi. Saat perjalanan menuju rumah sakit atau dokter, tekan daerah yang mengalami perdarahan agar perdarahan yang terjadi dapat terkontrol. Jika darah yang keluar tidak terlalu banyak, anda bisa mengatasinya dengan cara membeli salep antibiotik di apotek. Setelah itu oleskan pada daerah luka yang berdarah dan balut dengan perban kering. Perlu anda perhatikan sebelum memberikan salep antibiotik, sebaiknya periksa kembali luka apakah ada benda atau serpihan pada luka. Jika ada, ambil terlebih dahulu baru diberi salep antibiotik dan perban kering. Hal itu penting, karena bila ada benda atau serpihan yang tertinggal pada daerah luka maka akan terjadi infeksi karena serpihan tersebut kotor. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here