Tips Bagi Ibu Hamil Agar Tidak Mudah Merasa Lelah

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hamil merupakan masa yang paling dinantikan oleh sepasang suami istri setelah mereka melangsungkan proses pernikahan. Sebab dengan hamil mereka akan segera dianugerahi seorang anak yang kelak akan melengkapi kebahagiaan rumah tangga. Istri akan menjadi ibu dan suami akan segera menjadi bapak.

Saat awal hamil seorang wanita akan mengalami yang namanya morning sickness atau kadang juga mual muntah dan susah makan. Semakin tua kandungan ibu juga akan mudah merasa lelah dan lemas.

Rasa lelah yang anda rasakan saat hamil sebenarnya adalah hal yang wajar. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil mengalami perubahan fisik dibandingkan dengan sebelum hamil. Ibu hamil juga selalu membawa beban berat yaitu janinnya. Sehingga terasa berat dan membuat ibu hamil mudah merasa lelah.

Meskipun kelelahan yang anda rasakan di anggap wajar. Akan lebih baik lagi jika anda dapat mengatasi rasa lelah tersebut sehingga anda akan merasa nyaman selama kehamilan. Untuk itu, berikut ada beberapa tip untuk ibu hamil agar tidak mudah merasa lelah:

  1. Memanjakan diri

Saat hamil biasanya adalah moment yang tepat untuk seorang istri memanjakan dirinya. Apalagi jika anda baru hamil anak pertama, anda tak perlu terlalu lelah untuk mengurus anak yang lainnya. Untuk mengistirahatkan diri mungkin anda bisa melakukan pijat, nonton tv atau jika anda bosan di rumah terus anda bisa berlibur dengan suami tetapi usahakan jangan di tempat yang jauh karena anda akan lelah. Dan juga perbanyak tidur.

  1. Dimanjakan oleh orang lain

Jika perlu maka anda membiarkan orang lain memanjakan anda. Saat hamil ibu sudah kerepotan membawa si janin yang berat. Sehingga sebaiknya mulai berbagi tugas rumah tangga dengan suami. Mungkin anda hanya perlu memasak saja, untuk membersihkan rumah dan mencuci bisa dilakukan oleh suami anda.

  1. Jaga asupan makanan

Untuk menghindari rasa mudah lelah sehingga tingkat energi tetap tinggi maka makanlah makanan yang bergizi. Konsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat komplek dan kaya akan zat besi.

  1. Perbanyak minum air selama masa kehamilan

Kurang minum air putih akan membuat anda merasa dehidrasi. Saat tubuh merasa dehidrasi juga akan memicu anda merasa lelah. Oleh karena itu jaga konsumsi air anda minimal 8 gelas per hari. Karena dehidrasi yang tidak ditangani, tidak hanya menyebabkan kelelahan saja. Namun akan menganggu juga sistem pencernaan anda seperti terjadi sembelit. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY