Mencegah Penyakit Kardiovaskular dengan Rutin Berolahraga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu penyakit yang ditakuti di dunia ini adalah penyakit kardiovaskuler. Penyakit yang termasuk dalam kardiovaskuler meliputi gagal jantung, aritmia, angina, penyakit arteri koroner dan berbagai infeksi serta kelainan pada jantung yang memang di derita dari saat lahir.

Kebiasaan sehari-sehari yang tidak baik dapat memicu terjadinya penyakit kardiovaskuler. Khususnya di Indonesia yaitu kebanyakan pria memiliki kebiasan merokok yang sangat tinggi yaitu bisa mencapai 60%. Padahal rokok tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dimana merupakan salah satu faktor munculnya penyakit jantung atau kardiovaskuler.

Pria yang terserang penyakit kardiovaskuler biasanya akan mengalami tanda awal seperti kesulitan bernapas, merasakan adanya tekanan pada dada pada saat tertentu selama 30 menit atau mungkin beberapa jam, nyeri tanpa sebab pada daerah tubuh atas, leher dan rahang. Selain tanda tersebut, tanda awal lainya juga bisa terjadi pada tangan dan kaki yang mengalami nyeri, mati rasa, kesemutan, dingin dan lemas.

Sebenarnya ada cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terserang dari penyakit kardiovaskuler dan cukup mudah yaitu dengan berolahraga. Selama ini olahraga menjadi aktivitas yang paling umum disarankan baik oleh orang awam sampai ahli kesehatan untuk mencegah suatu penyakit dan berlaku juga pada penyakit kardiovaskuler dengan catatan anda melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh anda sehat. Tubuh yang sehat akan membuat kinerja sistem kardiovaskuler menjadi baik. Jantung akan memiliki kemampuan memompa darah keseluruh tubuh dengan baik. Aliran darah yang baik akan mengindikasikan penyebaran nutrisi dan juga oksigen dalam tubuh baik sehingga penyakit kardiovaskuler dapat diantisipasi.

Tidak semua jenis olahraga yang ada dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Olahraga yang dapat digunakan yaitu olahraga yang tidak tergolong berat dan ritmenya teratur. Contoh olahraga tersebut meliputi:

  1. Berlari

Untuk menjaga kesehatan jantung anda tidak perlu berlama-lama melakukan olahraga lari karena pasti akan mengeluh terlalu lama dan melelahkan. Berlari saja selama kurang lebih 15 menit sudah dapat mencegah penyakit kardiovaskuler. Berlari juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Saat anda merasa lelah setelah berlari, sebaiknya hindari duduk namaun berjalan pelan saja.

  1. Jalan kaki

Jika olahraga lari dianggap terlalu berat bagi anda. Ada olahraga yang dapat mengantikan lari tapi manfaatnya sama dapat mencegah penyakit kardiovaskular yaitu jalan kaki. Yang disarankan oleh AHA adalah jalan kaki cepat.

  1. Bersepeda

Selain dapat menikmati lingkungan sekitar, saat bersepeda anda juga sekaligus mendapatkan keuntungan yaitu badan yang lebih sehat, meningkatkankan kesehatan jantung serta dapat menguatkan kemampuan otot dan persendian pada kaki.

  1. Berenang

Jika anda ingin yang segar-segar, anda bisa melakukan pencegahan penyakit kardiovaskular dengan berenang. Saat berenang banyak sekali anggota tubuh yang bergerak sehingga meningkatkan detak jantung dimana bertujuan untuk menjaga kesehatan organ jantung. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here