Mencegah Testis Terkena Hidrokel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Testis adalah aset pria yang perlu dijaga karena sangat berperan dalam produksi sperma. Jika satu atau bahkan kedua testis (buah zakar) Anda mengalami pembengkakan tapi tidak terasa sakit, kemungkinan Anda terkena hidrokel. Hidrokel dapat timbul akibat dari cedera atau peradangan dalam skrotum. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi pada testis atau di saluran bergulung yang terletak di belakang setiap testis (epididimis). Kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Namun, bisa saja menjadi tanda masalah yang lebih serius pada testis, seperti tumor dan hernia inguinal.

Hidrokel biasanya mereda dengan sendirinya dalam kurun waktu enam bulan. Namun, area testis yang membengkak tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan. Semakin besar pembengkakan, maka intensitas nyeri akan semakin tinggi. Oleh karenanya, testis yang membengkak sebaiknya tidak dibiarkan. Segera cari tahu penyebabnya dengan berkonsultasi ke ahli medis sehingga kondisi tidak berkelanjutan. Dalam beberapa kasus, hidrokel ditangani dengan prosedur bedah yang disebut hidrokelektomi.

Namun, hidrokel sebetulnya masih mungkin untuk dicegah mengingat penyebabnya mungkin karena cedera, infeksi atau peradangan. Cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan:

  • Menjaga kebersihan organ intim. Tak hanya wanita, kebersihan organ intim pria pun perlu dijaga. Terlebih lagi jika Anda tidak disunat. Selalu bersihan area kulup secara rutin guna mengurangi risiko infeksi atau peradangan di area organ intim. Selain itu, segera ganti pakaian dalam ketika tubuh banyak berkeringat. Pastikan juga Anda rutin mengganti pakaian dalam setiap hari.
  • Hindari pakaian dalam ketat. Mengenakan pakaian dalam yang ketat juga tidak baik untuk testis karena membuatnya sulit bernafas. Oleh karenanya, kenakanlah pakaian dalam yang pas, tidak ketat tapi juga tidak terlalu longgar.
  • “Menjaga” suhu testis. Jangan biasakan menggunakan laptop sambil memangkunya di paha. Pasalnya, aktivitas seperti ini dapat meningkatkan suhu testis dan tanpa disadari dapat mengganggu kesehatan testis akibat panas yang ditimbulkannya. Begitu pula dengan bersepeda terlalu lama, gesekan organ intim dengan tempat duduk sepeda juga berpotensi meningkatkan suhu testis dan meningkatkan risiko cedera pada skrotum.
  • Pijatan ringan. Sesekali, Anda dapat memberikan pijatan ringan pada testis untuk memperlancara sirkulasi darah di area sekitarnya. Cukup genggam dengan lembut testis Anda, lalu beri pijatan ringan secukupnya.

Bagaimanapun, langkah-langkah tersebut juga perlu diimbangi pola hidup sehat agar sistem imun tubuh tetap bekerja secara prima. Makan sehat, tidur cukup, minum air putih yang cukup, dan olahraga teratur merupakan suatu keharusan guna memiliki fisik dan psikis yang berkualitas sehingga kesehatan organ reproduksi pun juga bebas gangguan kesehatan.

Di sisi lain, hidrokel pada anak-anak tak selalu dapat dicegah karena bisa berkembang sejak masih dalam kandungan. Namun, hidrokel pada bayi biasanya menghilang dengan sendirinya dalam waktu satu tahun. Jika tidak hilang dalam setahun atau bahkan terus membesar, mungkin perlu ditangani dengan operasi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY