Mengatasi Hidung Gatal pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hidung gatal pada anak bisa diakibatkan karena alergi. Daerah hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif dan mudah terpengaruh dengan perubahan lingkungan. Hidung yang sering gatal, namun tidak disertai gejala flu lainnya kemungkinan dapat saja disebabkan karena alergi terhadap lingkungan seperti udara dingin, debu, alergi terhadap makanan dan minuman, atau karena tumpukan kotoran dan komedo pada hidung. Perhatikan penyebabnya dan lakukan langkah pencegahan untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung gatal karena alergi pada anak Anda:

  • Perhatikan aliran u Menjaga udara dalam ruangan agar bebas dari pemicu alergi dapat membantu meringankan reaksi alergi hidung. Instalasi filter udara khusus dalam sistem AC dapat menghilangkan 90% sampai 95% partikel dari udara dalam ruangan Anda. Menutup pintu dan jendela ketika jumlah serbuk sari atau asap di luar ruangan tinggi dapat membantu menjaga alergen lain tidak memasuki rumah.
  • Mengkonsumsi vitamin D. Banyak studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D mungkin menyebabkan gejala alergi atau membuat alergi bertambah buruk. Jika anak memiliki alergi, cobalah untuk menambahkan setidaknya 200 IU vitamin D setiap hari. Sumber vitamin D adalah sinar matahari, minyak ikan, dan lemak ikan, seperti tuna dan salmon, atau suplemen jika Anda tidak bisa mendapatkan vitamin D dari pola makan anak.
  • Gunakan m Masker dapat mencegah alergen memasuki saluran pernapasan anak Anda. Masker Respirator N95, yang banyak tersedia di toko obat dan toko peralatan medis, akan dapat memblokir 95% partikel kecil, seperti serbuk sari dan alergen lainnya.
  • Gunakan pembilas hidung. Pembilas hidung untuk membersihkan lendir dari hidung Anda dan dapat membantu meringankan gejala alergi hidung. Hal ini juga dapat membilas bakteri, lendir tipis, dan membantu mengurangi postnasal drip.
  • Minum lebih banyak c Jika Anda merasa sesak atau memiliki postnasal drip dari alergi Anda, cobalah minum lebih banyak air, jus, atau cairan lainnya. Minum cairan tambahan dapat membantu mengencerkan lendir di hidung anak dan mungkin meredakan sesak. Cairan panas, seperti teh, kaldu, atau sup, dapat menenangkan karena ada tambahan manfaat uap.
  • Coba uap p Menghirup uap panas adalah cara sederhana untuk mengurangi ketidaknyamanan hidung tersumbat dan dapat meringankan pernapasan ketika anak mengalami alergi. Siapkan mangkuk berisi air panas dan kemudian arahkan kepala ke atas mangkuk tersebut dengan handuk di atas kepala Anda untuk menjaga uap panas agar tidak keluar. Atau duduk di kamar mandi dengan pancuran air panas menyala. Anda dapat menggunakan uap panas beberapa kali sehari untuk meringankan gejala alergi.
  • Hindari asap rokok dan asap lainnya. Asap rokok dapat memperburuk gejala alergi, asap rokok dapat memperburuk hidung yang tersumbat dan membuat mata berair. Jika dirumah ada yang merokok maka mintalah agar ia tidak merokok di dearah rumah Anda atau yang berdekatan dengan anak Anda. Cobalah untuk menghindari tempat-tempat di mana orang merokok. Lebih baik juga untuk menghindari asap lain yang dapat memperburuk gejala alergi, seperti semprotan aerosol dan asap dari pembakaran kayu perapian.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY