Mengatasi Kesemutan pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesemutan hampir semua orang pernah mengalami. Entah itu bagian tubuh sebelah mana, tetapi paling sering dialami di kaki maupun tangan. Kesemutan seringkali dianggap kejadian yang wajar dan tidak perlu dipermasalahkan. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah tetapi tidak bisa dikatakan benar.

Kesemutan terjadi karena gangguan saraf perifer (saraf tepi), yakni saraf yang berada di luar jaringan otak. Misalnya pada bagian kaki, tangan, atau anggota tubuh lain. Gangguan saraf perifer ini bisa terjadi karena ada bagian tubuh yang terlipat atau tertindih dalam waktu yang lama. Bisa juga merupakan gejala awal adanya kondisi medis yang lebih serius. Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan kesemutan. Kenali dulu penyebabnya.

Reflek seseorang ketika mengalami kesemutan adalah memijat-mijat bagian tubuh yang kesemutan. Berikut ini adalah beberapa teknik untuk mengatasi kesemutan secara alami.

Cara Mengatasi Kesemutan pada Tangan

Tidak perlu panik ketika kesemutan. Lakukan teknik berikut ini.  Berdiri dengan posisi yang nyaman. Jika tangan kiri kesemutan, ayunkan telapak kaki kanan sekuat tenaga. Sebaliknya Jika tangan kanan kesemutan, ayunkan telapak kaki kiri sekuat tenaga. Lakukan teknik ini beberapa kali kemudian diamkan beberapa saat. Jika Anda melakukan dengan benar, rasa kebas akan segera mereda secara perlahan-lahan.

Teknik lain untuk mengatasi kesemutan di tangan adalah dengan cara menjentik ibu jari kaki. Tekniknya sederhana sekali, mula-mula posisikan tangan pada posisi yang nyaman. Jika tangan kiri kesemutan, jentiklah ibu jari kaki kanan sekuat tenaga. Jika tangan kanan kesemutan, jentiklah ibu jari kaki kiri sekuat tenaga. Jika sekali jentik belum menunjukkan hasil, lakukan 2-3 kali lagi. Kesemutan atau gringgingen akan segera mereda jika Anda melakukan dengan benar.

Selain dua cara di atas, ada lagi teknik mengatasi kesemutan yang ampuh juga. Caranya tidaklah sulit. Angkat tangan ke atas tinggi-tinggi. Kemudian gerak-gerakkan pergelangan tangan. Setelah itu turunkan ke bawah, kemudian angkat lagi. Lakukan secara berulang-ulang. Diamkan beberapa saat sampai aliran darah kembali normal dan rasa kebas pun akan berangsur menghilang.

Cara Mengatasi Kesemutan pada Kaki

Kesemutan pada kaki dapat diatasi dengan gerakan tangan. Lakukan teknik berikut ini. Berdiri dengan posisi yang nyaman. Jika kaki kiri kesemutan, ayunkan telapak tangan kanan sekuat tenaga. Sebaliknya jika kaki kanan kesemutan, ayunkan telapak tangan kiri sekuat tenaga. Lakukan teknik ini beberapa kali. Hanya dalam hitungan detik rasa kebas akan segera hilang.

Cara kedua untuk mengatasi kesemutan di kaki adalah dengan menjentik jempol tangan. Tekniknya juga cukup mudah. Posisikan kaki pada posisi yang nyaman. Jika kaki kiri kesemutan, jentiklah jempol tangan kanan sekuat tenaga. Sebaliknya jika kaki kanan kesemutan, jentiklah jempol tangan kiri sekuat tenaga. Lakukan 2 – 3 kali jentikan. Diamkan beberapa saat sampai aliran darah kembali normal dan rasa kebas pun akan berangsur menghilang.

Bila dengan cara-cara di atas kesemutan belum teratasi atau kesemutan yang terjadi terlalu sering, kemungkinan kesemutan tersebut akibat penyakit diabetes, stroke, atau penyakit saraf lainnya. Segera konsultasikan ke dokter Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY