Mengatasi Maag Di Kalangan Remaja

SehatFresh.com – Masalahan dalam sistem pencernaan tidak boleh diabaikan. Masalah pencernaan yang paling umum terutama maag pada remaja adalah penyakit meningkatknya asam lambung atau gastro-esophageal reflux, sebagian besar dikenal sebagai penyakit maag. Gangguan ini harus diberi perlakuan khusus karena dapat menimbulkan masalah lebih serius yang dapat memengaruhi sistem pernapasan.

Biasanya, para remaja menyepelekan asupan makanan mereka, terlebih jika remaja yang menderita penyakit maag gemar mengkonsumsi kopi dan soda. Ini akan membuat penderita dapat mengalami maag lebih parah bahkan mengalami maag akut.

Para remaja harus memerhatikan pola makan yang ia konsumsi. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari.

  • Sayuran tertentu, seperti kembang kol, kubis Brussel, kol, dan brokoli juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.
  • Hari kafein yang terkandung dalam teh, kopi, dan soda. Kafein menyebabkan sekresi asam lambung yang dapat menyebabkan tukak lambung.

Apabila  sudah menderita maag akut, diharapkan untuk mengatur dan menjaga pola makan. Jika penderita ini telat makan, maka penderita akan cepat merasakan kambuh. Jika Anda sudah mengalami maag berikut cara mengatasinya secara alami:

  • Menggunakan kunyit

Siapkan kunyit sebsar dua jari tangan, lalu cuci sampai bersih, kemudian parut. Tambahkan air matang secukupnya, saring air kunyit tersebut, diamkan selama satu malam. Ambil air yang bening untuk diminum. Air kunyit tadi juga bisa langsung diminum. Minum dua kali per hari setiap pagi sebelum sarapan dan malam hari menjelang tidur.

  • Cara mengatasi sakit maag dengan makan teratur

Terapkan pola makan teratur, hal ini akan mencegah lambung kosong. Pola makan teratur akan membuat lambung terbiasa dengan jam kerja yang tepat saat lambung harus bekerja keras dan saat lambung harus bekerja lambat. Hindari juga terlambat makan karena lambung akan kosong.

  • Cara mengatasi sakit maag dengan menu makan yang baik

Hindari makanan yang terlalu pedas, terlalu panas dan makanan yang bersantan serta asam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kenaikan asam lambung.

  • Cara mengatasi sakit maag dengan manjauh alkohol, rokok

Jauhi konsumsi alkohol, minuman bersoda, dan juga rokok, karena akan menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

  • Hindari makanan yang sulit dicerna

Saat maag kambuh, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu sulit dicerna, hal ini akan mengakibatkan lambung yang terluka bekerja semakin keras sehingga lambung akan semakin bertambah parah. Hindaari makan agar-agar karena mengandung serat tinggi, keju, dan sate kambing.

Itu tadi beberapa cara mengatasi sakit maag secara alami maupun dengan menggunakan obat. Jaga pola makan agar teratur dan biasakan dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sumber gambar : blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY