Meredakan Stres dan Membakar Kalori dengan Berciuman

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menyatakan rasa cinta kepada seseorang sangat bermacam-macam bentuknya, salah satunya adalah berciuman. Selain menyatakan cinta dengan ciuman juga dapat mempererat hubungan anda dengan pasangan dan biasanya lebih akrab.

Ciuman tidak hanya menyenangkan bagi anda dan pasangan. Ternyata ciuman juga memiliki manfaat bagi anda mulai dari meredakan stress hingga mampu membakar kalori. Untuk lebih lanjut, berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari berciuman :

  1. Meredakan stress

Saat berciuman dengan pasangan anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri. Rasa bahagia terjadi karena adanya senyawa kimia dopamin dan serotonin yang membuat anda merasa baik dan rebih rileks. Oleh karena itu, setelah berciuman rasa stress yang anda rasakan juga akan berkurang diringi dengan penurunan kedua senyawa tersebut.

  1. Menjaga kesehatan gigi

Meski ciuman menggunakan bibir, tapi perlu anda ketahui bahwa dengan ciuman akan bermanfaat bagi kesehatan gigi anda. Hal itu terjadi karena berciuman akan meningkatkan aliran air liur. Air liur tersebut dapat membantu menghilangkan partikel pada mulut, gigi, gusi dan juga menghilangkan bakteri pada gigi sehingga gigi sehat.

  1. Sistem kekebalan tubuh meningkat

Tak hanya gigi yang sehat, ciuman juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda yang dapat mencegah penyakit pada tubuh. Saat berciuman bisa jadi anda bertukar air liur yang mengandung bakteri. Bertukar bakteri akan membantu untuk memperkenalkan bakteri baru yang berhubunga dengan kesehatan yang lebih baik. Banyak penelitian yang sudah membernarkan hal tersebut.

  1. Reaksi alergi berkurang

Seorang doktor dari sebuah klinik di jepang bernama Dr Hajime Kimata, ahli allergology menyatakan bahwa seseorang yang berciuman selama 30 menit dapat mengurangi efek dan reaksi alergi.

  1. Sebagai anti penuaan

Banyak sekali orang mencari cara untuk memperlambat penuaan agar awet muda di usianya yang semakin bertambah. Ciuman ini dapat bermanfaat sebagai anti penuan karena berciuman akan meningkatkan aliran darah ke wajah sehingga merangsang produksi kolagen dan protein yang berlimpah. Sehingga anda tetap tampak awet muda.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa menjadi faktor pemicu seseorang mengalami penyakit kronis berbahaya oleh karena itu sebaiknya selalu menjaga kadar darah yang normal. Saat ciuman pembuluh darah melebar sehingga memungkinkan darah mengalir ke organ-organ vital lainnya dan juga menurunkan kadar kortisol yang dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Membakar kalori

Membakar kalori itu juga diperlukan agar tubuh tetap sehat. Dengan berciuman anda juga sekaligus membakar kalori yaitu dalam semenit berciuman dapat membakar satu sampai enam kalori banyaknya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here