Mewaspadai Gangguan Tiroid Pada Anak-Anak

SehatFresh.com – Kelenjar tiroid terletak di tengah leher persis di bawah kulit pada otot di bagian depan tenggorokan. Kelenjar ini dibagi menjadi kiri dan kanan bagian dan beratnya sekitar satu ons. Kelejar tiroid menghasilkan hormon yang merupakan faktor kunci dalam metabolisme, proses biokimia dan fungsi fisiologis lainnya. Kelebihan atau kekurangan hormon tiroid tampak dalam gejala yang berbeda. Mengidentifikasi gejala-gejala di bawah ini akan membantu dokter mendiagnosa dan mengobati anak-anak dengan gangguan tiroid.

  • Gugup dan mudah marah

Anak-anak dengan masalah tiroid mungkin memiliki kelebihan hormon tiroid dan mengembangkan kondisi yang disebut hipertiroidisme. Hormon tiroid yang berlebihan dapat menyebabkan stimulasi sistem saraf, yang berakibat pada kegelisahan dan lekas marah. Seiring dengan naiknya tingkat hormon, anak akan menjadi lebih mudah marah dan gelisah. Anak dengan kondisi ini mungkin tidak dapat duduk dan tinggal di satu tempat untuk waktu yang lama.

  • Pertumbuhan yang lambat

Masalah tiroid dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat. Masalah ini bisa terjadi akibat rendahnya tingkat hormon tiroid (hipotiroidisme). Hormon tiroid merangsang pertumbuhan tulang dan pelepasan hormon pertumbuhan. Oleh karena itu, anak-anak dengan tingkat hormon tiroid yang tidak memadai cenderung berperawakan pendek. Hipotiroidisme kronis akan menyebabkan anak-anak menjadi lebih pendek dari rata-rata untuk usia mereka. Bila tidak diobati, perawakan pendek ini bisa menjadi permanen.

  • Kelelahan

Menurut University of Iowa Children’s Hospital, anak-anak dengan hipertiroidisme kronis akan menderita kelelahan dan kelemahan di seluruh tubuh. Pada awalnya, anak akan tampak gelisah dan energik, tetapi seiring dengan memburuknya kondisi, anak menjadi lelah. Anak juga dapat mengeluhkan nyeri otot atau kelelahan.

  • Keterlambatan pertumbuhan gigi dewasa

Hipotiroidisme dapat menyebabkan anak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan gigi permanen mereka. Hal ini dikarenakan hormon tiroid merangsang pertumbuhan gigi dewasa. Namun setelah anak mendapat perawatan yang tepat, perkembangan gigi akan menjadi normal.

  • Intoleransi panas

Hormon tiroid membantu mengatur suhu tubuh. Pada hipertiroidisme, tingginya kadar hormon tiroid akan menyebabkan suhu tubuh sedikit lebih tinggi dari normal. Oleh karena itu, hipertiroidisme bisa menyebabkan intoleransi panas pada anak-anak.

  • Perkembangan mental yang lambat

Gangguan tiroid yang menyebabkan penurunan kadar hormon tiroid dapat menghambat perkembangan mental pada anak-anak. Bila anak tidak memiliki cukup hormon tiroid, perkembangan mentalnya cenderung di bawah anak-anak normal seusianya. Bila pasien tidak menerima perawatan yang tepat, masalah perkembangan mental ini bisa mengakibatkan efek permanen.

Sumber gambar : kutono.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY