Morning Sickness dan Penyebabnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Morning sickness adalah istilah yang merujuk pada gangguan mual dan muntah yang biasanya dialami wanita hamil. Gejala ini biasanya timbul di pagi hari dengan frekuensi yang akan menurun setiap harinya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Mual muntah dapat terjadi sepanjang hari dan bahkan pada kasus yang serius, mual dan muntah tersebut dapat mencapai keadaan hiperemesis gravidarum atau gejala mual muntah yang terus menerus dan akhirnya berakibat fatal.

Secara keseluruhan, morning sickness mempengaruhi sekitar tiga perempat wanita hamil selama trimester pertama. Umumnya, keluhan ini mulai dirasakan di minggu-minggu pertama kehamilan dan mereda menjelang trimester kedua, atau sekitar usia 12 minggu kehamilan. Lantas, apa yang menjadi pemicu morning sickness? Penyebab pasti dari morning sickness masih belum diketahui, namun para ahli berpendapat bahwa keluhan tersebut disebabkan oleh berbagai perubahan fisik yang terjadi dalam tubuh karena kehamilan. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain:

  • Human chorionic gonadotropin (hCG)

Hormon hCG meningkat cepat selama awal kehamilan. Peningkatan hormon hCG dipercaya menjadi salah satu penyebab munculnya morning sickness. Namun sampai saat ini belum ada yang tahu pasti bagaimana hCG dapat menyebabkan rasa  mual.

  • Hormon estrogen

Meningkatnya hormon estrogen pada awal masa kehamilan menyebabkan asam lambung meningkat. Meningkatnya asam lambung inilah yang menyebabkan seseorang merasa  mual dan mengalami morning sickness.

  • Peningkatan sensitivitas terhadap bau

Para ahli berpendapat bahwa peningkatan hormon esterogen bisa memicu sensitivitas pada hidung ibu hamil sehingga memicu refleks muntah terhadap aroma tertentu. Meski begitu, masih belum diketahui apakah hormone estrogen benar-benar berpengaruh terhadap hal ini.

  • Perut yang sensitif

Saluran pencernaan wanita menjadi lebih sensitif terhadap perubahan di awal kehamilan. Kondisi perut yang sensitif menyebabkan makanan menjadi sulit masuk ke dalam perut sehingga memicu mual dan muntah.

  • Stress

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengalami stres saat hamil lebih sering merasa mual dan muntah. Hal ini disebabkan karena mual da muntah merupakan respon abnormal terhadap stres. Namun, belum ada bukti konklusif untuk mendukung teori ini.

Menurut para ahli kesehatan, morning sickness merupakan fenomena normal dan tidak berbahaya. Para ahli juga berpendapat bahwa gejala morning sickness merupakan suatu perlindungan tubuh untuk melawan makanan yang tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh yang dapat berbahaya bagi perkembangan janin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here