Pantangan Bagi Remaja Penderita Asma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Asma merupakan salah satu penyakit pada saluran pernafasan. Saluran pernafasan menjadi lebih sempit dan dipenuhi dengan lendir. Kondisi ini menyebabkan gangguan pernafasan, seperti batuk, sesak nafas, dan nafas tersengal-sengal.

Penyakit asma tak mengenal usia dan jenis kelamin. Siapa saja bisa terserang penyakit ini, termasuk remaja. Penyakit asma tidak bisa disembuhkan hingga total. Tapi, pemicu asma bisa dihindari sehingga penderita bisa menjalani berbagai aktivitas dengan nyaman. Oleh sebab itu, penderita asma perlu memperhatikan pantangan berikut ini.

  • Debu

Debu bisa masuk ke saluran pernafasan dan menyebabkan reaksi alergi. Jadi, penderita asma harus tinggal dalam lingkungan yang sehat dan bersih dari debu.

  • Serbuk sari bunga

Serbuk sari dari bunga bisa menyebabkan asma kambuh atau serangan asma dalam waktu yang sangat cepat. Maka, penderita asma harus jauh dari bunga-bunga yang sudah layu atau mati. Selain itu, jangan pernah meletakkan pot bunga atau tanaman dalam sebuah ruangan.

  • Hewan berbulu

Penderita asma harus menjauhi semua hewan yang memiliki bulu yang mudah rontok, seperti anjing dan kucing. Selain bulu hewan, penderita asma juga perlu menghindari air liur dan kulit hewan.

  • Rokok

Asap rokok mengandung nikotin yang bisa tertinggal dalam saluran pernafasan. Lebih aman lagi, penderita asma tidak merokok dan menjauh dari orang yang sedang merokok.

  • Aroma menyengat

Aroma menyengat juga bisa menyebabkan saluran pernafasan menjadi sangat sensitif. Produksi lendir pada saluran pernafasan bisa menjadi lebih banyak sehingga menyebabkan penderita sulit untuk bernafas dengan baik.

  • Asupan tertentu

Asupan tertentu bisa memperparah asma seorang penderita, misalnya daging, telur, ikan, dan produk susu. Asupan yang mengandung sulfit juga dapat memicu serangan asma pada 20% penderita asma, seperti bir, anggur, dan minuman fermentasi lainnya.

  • Garam

Konsumsi garam yang berlebihan untuk penderita asma bisa menyebabkan kondisi asma menjadi lebih buruk. Jadi, sebaiknya penderita asma tidak mengonsumsi garam secara berlebihan.

  • Olahraga berat

Penderita asma memang dianjurkan berolah raga untuk membantu melatih organ pernafasan. Tapi, jenis olahraga yang berat dapat menyebabkan penderita kesulitan untuk bernafas.

  • Aspirin

Aspirin termasuk beberapa jenis obat yang bisa menjadi pemicu asma. Pemakaian aspirin dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kondisi asma semakin memburuk.

  • Perubahan cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrem bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan. Cuaca terlalu dingin bisa menyebabkan saluran pernafasan mudah menyempit. Sementara itu, cuaca terlalu panas bisa menyebabkan gangguan pada pernafasan.

  • Tekanan emosi

Tekanan emosi, seperti rasa cemas yang berlebihan, takut, bahkan gembira juga bisa membuat asma cepat kambuh. Tingkat stres yang tinggi juga bisa menyebabkan serangan asma. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here