Pencegahan dan Penanganan Computer Vision Syndrome

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bekerja atau bermain terlalu lama di depan laptop, komputer, tablet, atau smartphone bisa menyebabkan gangguan mata serius. Secara medis, gangguan ini disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). Mata yang kering, mata merah, terasa pegal, atau perih adalah beberapa tandanya. Jika ini dialami oleh Anda, ada sejumlah tips untuk mencegah dan menanganinya.

  • Hindari ruangan terlalu gelap atau terang

Cahaya ruang yang terlalu gelap membuat efek kontras pada cahaya yang diterima mata dari arah komputer. Kondisi ini membuat efek radiasi dari cahaya biru pada komputer semakin besar. Begitu pula sebaliknya, efek paparan sinar biru yang datang dari arah lampu ruangan atau cahaya matahari yang berlebihan akan membuat mata justru menjadi lebih lelah menatap ke arah komputer.

  • Gunakan display yang nyaman

Aturlah tingkat cahaya dari layar supaya selaras dengan pencahayaan ruangan, tidak terasa terlalu terang atau gelap. Penggunaan huruf (font) pada tampilan gadget yag tidak terlalu kecil juga membantu Anda mencegah CVS.

  • Bersihkan layar

Debu tipis yang melapisi komputer tanpa disadari membiaskan cahaya yang membuat kualitas gambar meredup. Ini bisa membuat mata terpaksa berusaha fokus lebih keras sehingga mata jadi mudah lelah.

  • Filter monitor

Jika perlu, pertimbangkan untuk menggunakan filter silau layar. Filter ini mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan dari layar.

  • Lebih sering berkedip

Tiap kali seseorang berkedip, di saat itulah air mata akan bekerja membasahi mata, mengatasi efek kering, dan membantu menjaga kondisi otot mata.

  • Perhatikan posisi mata dan komputer

Mata yang terlalu melihat ke bawah, dekat, atau jauh bisa menyebabkan terjadinya efek CVS. Idealnya, posisikan layar komputer sekitar 50–66 cm dari mata Anda.

  • Sesuaikan komputer dengan perkembangan zaman

Komputer dengan teknologi terbaru sudah menggunakan sistem LED yang memiliki efek sinar biru lebih rendah, memiliki ketajaman gambar dan warna lebih baik serta menyuguhkan hasil yang lebih nyaman di mata.

  • Relaksasi

Lakukan pemijatan secara teratur pada area lingkar mata untuk membantu meredakan ketegangan saraf. Sesekali alihkan pandangan ke arah yang lebih fresh, seperti pemandangan di luar jendela untuk meredakan ketegangan otot mata.

  • Konsumsi vitamin

Beberapa pakar kesehatan mata menyarankan untuk menambahkan asupan vitamin A lebih untuk mereka yang bekerja di depan komputer lebih lama daripada yang lain.

  • Obat mata

Pada beberapa orang, sebaiknya gunakan obat mata khusus untuk membantu menjaga kelembaban mata.

  • Rutin memeriksa mata

Rutin mengunjungi dokter mata dapat memberi informasi terkini tentang kondisi mata Anda. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY