Pencegahan Flu pada Remaja

SehatFresh.com – Flu merupakan penyakit yang paling sering diderita oleh banyak orang. Tak hanya orang dewasa, tapi juga remaja dan anak-anak. Flu adalah penyakit yang terjangkit karena virus yang menyerang sistem pernafasan. Biasanya flu menyerang ketika musim penghujan dan saat daya tahan tubuh sedang menurun.

Masa ikubasi flu termasuk singkat. Masa paling menular ialah sehari setelah terserang virus ini dan enam hari setelahnya. Gejala flu semakin parah ketikat telah menyerang selama dua atau tiga hari. Gejala yang biasa di rasakan ialah sakit kepala, demam, batuk-batuk, pegal, dan kehilangan nafsu makan.

Banyak lho orang yang beranggapan bahwa pilek dan flu itu sama. Tapi, ternyata mereka berdua berbeda. Flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita. Sementara,  pilek biasanya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan. Sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas penderita.

Nah di artikel sebelumnya penulis telah membahas flu yang menyerang ibu hamil. Dikesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang pencegahan flu pada remaja. Sebenarnya tidak jauh berbeda antara flu pada remaja, orangtua maupun anak-anak. Hanya saja, biasanya anak-anka dan remaja lebih rentan terkena flu, karena tidak terlalu memerhatikan kesehatan mereka. Apalagi bagi remaja yang tengah sibuk mengurus kuliahnya.

Nah inilah beberapa cara pencegahan flu pada remaja:

  • Memiliki waktu istirahat yang cukup dan mejaga pola tidur

Istirahat adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, berarti Anda telah menjaga dan membantu tubuh Anda untuk meningkatkan sistem imun tersebut.

  • Memastikan bahwa asupan air yang di konsumsi telah mencukupi

Banyak orang yang hanya minum ketika haus, padahal sehari kita memerlukan banyak cairan. Sedikitnya 1,5 liter cairan harus dikonsumsi setiap harinya. Konsumsi air putih memang memiliki banyak manfaat. Salah satu diantaranya yaitu menjaga kekebalan tubuh juga lho. Cukupi konsumsi air putih agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan dan terhindar dari segala penyakit termasuk flu.

  • Menjaga asupan makanan

Nah yang satu ini juga tak kalah penting. Dengan menjaga asupan makana yang Anda konsumsi, itu berarti tubuh juga akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Sempatkan pula diri Anda untuk sarapan setiap pagi. Sarapan juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Sebaiknya seimbangkan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyak konsumsi buah dan sayur serta vitamin C. Vitamin C dapat Anda peroleh baik dari buah atau melalui vitamin yang beredar dipasaran.

  • Rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga, tubuh Anda akan memiliki daya tahan tubuh yanbg lebih kuat dibanding dengan mereka yang tidak berolahraga. Jika Anda bukan orang yang memiliki banyak waktu untuk berolahraga, sempatkanlah untuk melakukan jogging di sekitar rumah Anda, baik pagi atau sore hari.

  • Mejaga kebersihan diri dan lingkungan

Jika lingkungan Anda kotor, maka bbanyak bakteri atau virus yang bersarang. Tak hanya itu, lingkungan yang lembab juga akan mudah dijadikan sarang untuk nyamuk demam berdarah. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda menjaga kebersihan lingkunga Anda. Mulai dari rumah, hingga tempat Anda biasa beraktifitas seperti sekolah.

Selain lingkungan, kebersihan diri juga harus dijaga. Jangan iarkan tubuh Anda dalam keadaan kotor dalam aktu yang lama. Sebab, tubuh yang kotor akan membuat Anda mudah merasa lelah. Selain keringat, debu dari jalanan juga dapat memperburuk keadaan dan membuat ANda rentan terkena penyakit.

Sumber gambar : tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY