Penelitian Tentang Bahaya Rokok Menthol

SehatFresh.com – Bagi Anda yang merupakan seorang perokok, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis rokok rasa menthol. Rokok menthol mempunyai rasa yang berbeda dan banyak yang menganggap bahwa rokok tersebut lebih ringan daripada rokok biasa. Namun faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa rokok menthol ternyata menimbulkan efek yang lebih berbahaya daripada rokok biasa. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa perokok menthol berada pada peningkatan risiko yang lebih tinggi terhadap pengembangan masalah paru-paru yang lebih serius dibandingkan dengan perokok biasa.

Sebuah studi telah dilakukan di Kanada dengan mengamati lebih dari 3700 perokok menthol dan lebih dari 1900 perokok biasa yang mana mereka berusia 45 hingga 80 tahun. Setelah 18 bulan penelitian dilakukan, diketahui bahwa perokok menthol cenderung memiliki kesehatan paru-paru yang lebih buruk dibandingkan dengan perokok biasa. Para perokok menthol diketahui mengalami kesulitan berjalan selama 6 menit, dan lebih besar kemungkinannya mengalami kesulitan bernapas atau napas pendek jika dibandingkan perokok biasa. Bahkan setelah para peneliti menganalisa faktor risiko lainnya seperti riwayat penyakit dan usia, perokok menthol masih memiliki risiko pengembangan paru-paru sebesar 29 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan perokok non-menthol.

Menurut The Food and Drug Administration (FDA), rokok menthol yang diketahui memiliki rasa mint juga memiliki kandungan racun sama halnya dengan jenis rokok lain. FDA juga menemukan bahwa kualitas pendinginan dan efek anestesi dari menthol membuat rokok tersebut menjadi lebih menarik bagi para perokok. Selain itu, dalam hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Archives of Internal Medicine disebutkan bahwa penghisap rokok menthol lebih berisiko 2 kali lipat terserang stroke jika dibandingkan dengan penghisap rokok jenis lain. Risiko ini akan mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat lebih tinggi pada wanita yang menghisap rokok menthol.

Meskipun rokok menthol lebih berbahaya dari rokok biasa, bukan berarti Anda bisa merokok dengan menggunakan rokok non menthol. Apa pun jenis rokoknya, baik menthol ataupun non-menthol, merokok tetap mendatangkan berbagai ancaman bagi kesehatan Anda. Ironisnya, dengan sensasi dingin di mulut dan terasa tidak terlalu keras seperti rokok biasa, perokok menthol dinilai akan lebih sulit untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Mereka akan kecanduan merokok menthol dan justru ingin terus mencobanya pada waktu berikutnya. Bahkan, para peneliti efek anestesi rokok menthol juga akan berpengaruh pada saluran udara sehingga lebih sulit untuk mengidentifikasi penyakit paru-paru yang mungkin telah berkembang pada tubuhnya.

Sumber gambar : ombagong.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY