Tumor Otak Dan Sakit Kepala

SehatFresh.com – Sakit kepala merupakan keluhan umum yang dialami banyak orang. Penyebab sakit kepala sangatlah beragam, dan 95% kasus sakit kepala merupakan sakit kepala sederhana atau primer yang bukan disebabkan oleh penyakit lain. Meski demikian, Anda harus waspada karena sakit kepala dapat menjadi gejala yang berkaitan dengan suatu penyakit yang serius, yang salah satunya adalah tumor otak.

Otak merupakan tempat yang berbahaya jika menjadi lokasi atau area perkembangan tumor. Tumor otak adalah kondisi yang diakibatkan terjadinya pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak normal dan tidak terkendali. Tumor tersebut sifatnya bisa jinak maupun bersifat kanker. Bagaimana pun, semua bentuk tumor tetap perlu mendapatkan penanganan dokter agar tidak mencapai derajat yang membahayakan jiwa.

Gejala yang paling khas dari tumor otak adalah sakit kepala. Seiring dengan besarnya benjolan tumor maka saraf-saraf di otak akan terjepit sehingga membuat kepala menjadi terasa sakit. Rasa sakit bisa menyerang ketika tumor di dalam tengkorak kepala telah mencapai ukuran tertentu. Karena struktur tengkorak adalah struktur yang padat dan ruang untuk perkembangannya sangatlah sempit, meka membesarnya tumor akan memaksa mengisi area sempit tersebut sehingga akan menekan area lain, yang pada akhirnya menimbulkan rasa sakit pada kepala.

Pada orang yang memiliki tumor otak, mereka akan mengalami gejala umum dan gejala yang lebih khusus lagi. Adanya tumor atau kanker otak bisa ditandai dengan sakit kepala berulang yang bersifat kronis dengan intensitas yang semakin meningkat. Sakit kepala akibat tumor otak umumnya tidak merespon obat sakit kepala pada umumnya. Gejala lain yang menyertai diantaranya adalah penurunan berat badan yang drastis, penurunan fungsi motorik dan sensorik tergantung pada bagian otak mana yang terkena.

Diagnosis mungkin menjadi lebih sulit karena kebanyakan orang memiliki sakit kepala atau migrain berulang. Dalam kebanyakan kasus, tumor otak baru terdeteksi ketika derajat perkembangan tumor sudah pada stadium lanjut. Jika rasa sakit di bagian kepala telah memuncak, ada kemungkinan tumor tersebut telah menyebar ke bagian tubuh lain. Banyak pasien yang baru memeriksakan diri setelah sakit kepalanya tidak tertahankan lagi. Jika Anda mengalami gejala-gejala yang Anda rasa terkait dengan pertumbuhan tumor, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit agar terdeteksi apakah Anda memiliki tumor otak atau tidak terutama jika Anda mengalami sakit kepala berulang pada bagian yang sama. Jika Anda tidak biasa sakit kepala, atau jika sakit kepala yang Anda rasakan adalah adalah sakit kepala yang berbeda dari sakit kepala dari yang biasanya Anda rasakan, hal tersebut bisa menjadi tanda peringatan awal tumor otak.

Sumber gambar : ciricara.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY