Pengaruh Gaya Modern Terhadap Kesuburan

SehatFresh.com – Memiliki buah hati tentunya menjadi dambaan hampir semua pasangan yang telah menikah. Sayangnya, keinginan ini terkadang sulit diwujudkan.  Di era modern ini, makin banyak pasangan usia produktif yang bermasalah dengan kesuburannya, terutama pada mereka yang tinggal di kota besar, di mana suami dan istri sama-sama sibuk bekerja.

Seiring dengan berkembangnya zaman, sebagian kaum wanita di era modern lebih cenderung berorientasi pada karier dan menunda pernikahan. Sayangnya, ini bisa membuat mereka sulit hamil nantinya. Pasalnya, usia merupakan salah satu penentu kesuburan. Kesuburan wanita mengalami penurunan secara bertahap pada usia 27 tahun dan menurun secara dramatis setelah usia 35 tahun. Selain itu, jumlah dan kualitas sel telur pun semakin menurun.

Pada pria, ketidaksuburan paling banyak disebabkan karena kuantitas dan kualitas sperma yang buruk. Dalam kebanyakan kasus, hal ini disebabkan oleh usia dan gaya hidup seperti merokok, minum alkohol, pola makan tidak sehat, perilaku seks bebas, serta stres yang tidak terkendali.

Hidup di zaman modern juga meningkatkan kerentanan seseorang terhadap stres. Stres karena pekerjaan dan kemacetan telah menjadi bagian dari kehidupan. Kita semua tahu bahwa stres merupakan sumber dari berbagai penyakit. Stres yang tidak dikelola dengan baik berpengaruh pada kondisi sperma dan sel telur sehingga menurunkan peluang untuk hamil.

Pria stres lebih mungkin memiliki konsentrasi sperma yang rendah. Sperma pria yang mengalami stres cenderung cacat atau memiliki gangguan motilitas (kemampuan gerak sperma). Stres memengaruhi fungsi hipotalamus, yang merupakan bagian di otak yang berfungsi mengatur emosi, tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh. Bagian otak tersebut juga mengatur hormon yang mengirim sinyal pada ovarium untuk melepaskan sel telur.

Untuk mempercepat kehamilan, pasangan harus menjalani hidup yang rileks dengan pengendalian stres yang baik. Terapi relaksasi, yoga, dan meditasi dapat membantu meringankan dan mengendalikan stres sehari-hari. Kebiasaan minum alkohol dan merokok juga harus dihindari. Penting juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat disertai mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak, serta berolahraga secara teratur dan aktif secara fisik.

Dengan mengikuti gaya hidup sehat, semakin tinggi peluang Anda memiliki keturunan.  Dikatakan tidak subur jika tidak terjadi kehamilan setelah satu tahun berhubungan seks secara teratur tanpa kontrasepsi. Bila Anda wanita berusia 30 tahun atau lebih, telah menikah selama setahun dan rutin melakukan hubungan seksual, tapi belum juga hamil, segera konsultasikan pada dokter agar diketahui penyebab pastinya.

Sumber gambar : www.hellodoctor.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY