Pentingnya Kebutuhan Vitamin C dan Zinc Sebelum Bulan Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa adalah satu satu rukun islam yang yang ketiga dan wajib dilakukan oleh umat muslim yang berakal sehat dan sudah baligh (dewasa), dll. Ibadah ini dilaksanakan selama 1 bulan full dimana dilakukan di bulan ramadhan. Seseorang yang menjalankan ibadah puasa harus menahan haus, lapar dan hawa nafsu serta hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasanya dimulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari (kurang lebih sekitar 12-14 jam).

Waktu tersebut merupakan waktu yang cukup lama, akan tetapi ibadah ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Agar anda dapat menjalankan ibadah puasa dalam kondisi tubuh yang sehat dan tetap bugar tentu anda harus menjaga kesehatan tubuh. Hal yang perlu anda lakukan yaitu dengan anda harus pintar mengatur aktivitas dan waktu istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang sehat (perbanyak buah dan sayur), kebutuhan cairan yang cukup, dll.

Salah satu tips untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin C dan zinc. Vitamin C dan zinc merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mempersiapkan ibadah puasa. Kedua nutrisi tersebut dikenal efektif dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kardiovaskular, penyakit mata, kehamilan, hingga masalah kulit.

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, polusi dan zat kimia beracun. Selain itu vitamin C dikenal dapat melindungi sel tubuh, menjaga kesehatan tulang dan membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Sedangkan zinc salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh berfungsi untuk menjaga kesehatan imuns dan membantu proses pertumbuhan tubuh.

Kombinasi dari kedua nutrisi tersebut sangat efektif dan baik untuk melawan gejala tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang ditandai dengan gejala lemas, mengantuk, sembelit, lelah, pusing hingga dehidrasi. Gejala tersebut salah satu hal yang sering ditunjukan oleh orang yang sedang melakukan ibadah puasa. Lalu kenapa vitamin C dan zinc sebaiknya dikonsumsi sebelum menyambut bulan puasa?

Pada saat bulan puasa tentu tubuh akan beradaptasi kembali dengan gaya hidup yang berubah seperti waktu tidur, pola makan, aktivitas yang mungkin akan berubah dan perubahan lainnya. Hal ini tentu akan membuat tubuh kaget dengan perubahan yang terjadi, sehingga orang akan rentan mengalami sakit karena mudahnya tertular bakteri, virus, dan kuman penyebab penyakut. Apalagi di awal puasa tentu resikonya akan lebih tinggi.

Kondisi diatas yang menjadi alasan kenapa anda disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi vitamin C dan zinc sebelum menjalankan puasa. Vitamin C dan zonc dapat menjaga sistem kekebalan tubuh anda agar tidak mudah sakit dan dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dibulan puasa. Untuk mendapatkan kedua nutrisi tersebut anda dapat memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Contoh kandungan vitamin C dalam buah-buahan yaitu jambu biji, kiwi, strawbery, bluberry, pepaya, mangga, nanas, dll. Sedangkan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yaitu kembang kol, ubi jalar, brokoli, kubis dan paprika merah. Makanan yang memiliki kandungan zinc cukup tinggi contohnya daging ayam, tiram, danging sapi, lobster, jamur, sereal, kacang-kacangan, gandum dan yoghurt. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here