Penyakit yang Timbul Akibat Pembesaran Kelenjar Getah Bening pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah anda tanpa sengaja memegang bagian belakang daun telinga si kecil dan terasa ada benjolan kecil berupa cairan kenyal. Jika benar, pasti anda akan bertanya-tanya apa ini dan anak saya terkena apa, berbahaya atau tidak serta apakah benjolan tersebut dapat membesar atau tidak.

Sebenarnya, benjolan yang terdapat di belakang telinga anak terjadi karena adanya pembesaran kelenjar getah bening. Selain di belakang telinga, pembesaran kelenjar getah bening bisa juga terjadi di ketiak, leher, lipatan paha, jantung samping kanan dan kiri. Karena pada dasarnya kelenjar getah bening ini juga terdapat pada bagian-bagian tubuh tersebut. Namun, pada anak-anak kasus pembesaran kelenjar getah bening lebih sering terjadi pada bagian leher dan memang dapat teraba.

Pembesaran kelenjar getah bening ini, paling sering disebabkan karena infeksi virus dan bakteri pada saluran pernapasan bagian atas. Bakteri tersebut contohnya bakteri streptokokus beta hemolitikus Grup A atau Stafilokokus aereus.

Pada dasarnya kelenjar getah bening yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk memproduksi sejumlah sel darah putih yang mana memiliki fungsi untuk melawan kuman atau zat-zat lain yang berasal dari luar tubuh dan membahayakan keadaan tubuh anak. Tetapi, ketika sudah terinfeksi oleh virus atau bakteri dan penyebab lainnya, maka lama kelamaan akan terjadi pembesaran kelenjar getah bening pada anak anda atau untuk jangka panjang hal itu dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening.

Ketika pembesaran kelenjar getah bening sudah terjadi pada anak maka sistem kekebalan tubuh akan terganggu dan membuat kelenjar getah bening yang sudah terinfeksi akan semakin membesar dari hari ke hari selanjutnya. Setelah itu, si anak juga dpat memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit yang lainnya karena adanya pembesaran kelenjar getah bening dan sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Ada tiga kemungkinan penyakit yang dapat timbul pada anak jika terjadi pembesaran kelenjar getah bening, yaitu :

  1. Infeksi Akut

Infeksi akut dapat terjadi setelah adanya pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran disertai dengan demam dan konsistensi lunak serta adanya kemerahan pada leher atau bagian tubuh lain. Namun infeksi akut ini nanti akan sembuh dengan sendirinya.

  1. Infeksi Kronik

Infeksi kronik karena pembesaran kelenjar getah bening disebabkan adanya micobacterium tuberculosa. Dimana penyakit ini berhubungan dengan paru-paru. Walaupun paru-paru anak dalam keadaan sehat, tak jarang anak-anak dapat mengalami keadaan ini.

  1. Kanker Primer Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Pada dasarnya kanker kelenjar getah bening ini dapat sembuh dengan sendirinya, jika lebih awal terdeteksinya. Namun jika pembesaran yang terjadi tidak diberi penanganan atau pengobatan, maka dapat memungkinkan adanya pembesaran di bagian tubuh lain seperti di lipatan paha atau ketiak. Tentunya hal tersebut akan lebih sulit untuk disembuhkan. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY