Penyebab Asam Lambung pada Anak

www.futuready.com

SehatFresh.com – Timbulnya sakit maag pada anak disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi helicobacter pylori yang masuk melalui makanan, stres pasca operasi, trauma efek samping obat, efek radioterapi, efek samping penyakit pencernaan seperti diare dan trauma sonde, yaitu alat selang yang dimasukkan ke dalam tenggorokkan untuk mengirim makanan ke lambung. Kuman helicobacter pylori adalah kuman yang dapat menginfeksi lambung dan bagian usus lainnya pada anak tanpa menimbulkan gejala yang jelas dan sebagian besar anak yang menderita akibat kuman ini tidak memiliki gejala selama hidupnya.

Pada semua anak dengan gejala sakit maag dianjurkan tes H. pylori lewat pemeriksaan sederhana yang tidak menyakitkan. Pemeriksaan lebih kompleks hanya dilakukan pada anak dengan gejala kuat untuk selanjutnya akan diobati. Saat ini berbagai pusat kesehatan sudah menyediakan tes kuman H.pylori. Bila tes positif dapat dilanjutkan dengan peneropongan ke lambung (endoskopi).

Penyebab maag pada anak bisa ditimbulkan akibat telat makan dan pola makan yang tidak teratur. Selain itu ada juga beberapa faktor lainnya, yaitu :

  • Kuman Sebabkan Maag

Ternyata, tak hanya pada orang dewasa, si kecil pun dapat menderita sakit maag. Hanya saja, proses terjadinya bisa berbeda-beda. Tidak semua sakit maag disebabkan kebiasaan makan yang tak teratur ataupun stres. Khususnya, di negara berkembang, sakit maag juga disebabkan adanya infeksi kuman helicobacterer pylori.

Kuman helicobacter pylori adalah kuman yang dapat menginfeksi lambung dan bagian usus lainnya pada anak tanpa menimbulkan gejala yang jelas dan sebagian besar anak yang menderita akibat kuman ini tidak memiliki gejala selama hidupnya.

  • Mengonsumsi Obat-obatan

Penyakit maag disebabkan karena tidak teraturnya pola makan, adanya mikroorganisme di dalam perut yang merugikan, hal ini mungkin disebabkan juga karena mengonsumsi obat-obatan.

  • Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang padat dengan kondisi sosial ekonomi rendah diduga menjadi penyebab timbulnya kuman helicobacter pylori. Orang tua atau ibu yang terinfeksi memiliki peranan penting dalam penularan kuman ini pada anaknya.

Apabila sakitnya bertambah parah, akan disertai rasa terbakar pada dada. Ciri lainnya adalah ketika anak muntah disertai darah yang mirip kopi, darah ini terkena asam lambung akibat luka pada lambung. Selain itu, jika anak terlihat tidak nafsu makan, lemah, serta mengalami penurunan berat badan maka harus diwaspadai anak terkena sakit maag.

Gejala sakit maag ini, biasanya timbul atau mulai terasa pada malam hari. Jangan biarkan hal ini terus berlanjut, bawalah segera anak Anda ke dokter untuk mendapatkan pertolongan dan dokter akan memberikan antacida untuk meredakan gejala serta antibiotik jika ditemukan adanya infeksi bakteri. Jangan pernah mencoba memberi anak Anda obat maag yang berada di warung atau di pasaran karena obat maag yang beredar di pasaran tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh anak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY