Penyebab Gatal Kemerahan Pada Selangkangan

www.hag350.com

SehatFresh.com – Rasa gatal pada bagian tubuh tertentu akan terasa mengganggu dan membuat tidak nyaman, terlebih gatal pada selangkangan. Bila ini terjadi, maka akan tampak tidak pantas bila menggaruknya di tempat umum. Ketika terasa gatal, area selangkangan biasanya akan tampak kemerahan atau lecet. Lantas, kenapa selangkangan bisa gatal?

  • Infeksi jamur. Munculnya rasa gatal dan kemerahan di selangkangan umumnya disebabkan oleh infeksi jamur karena pertumbuhan dan penyebaran jamur di area selangkangan. Secara medis, kondisi ini disebut tinea cruris. Selangkangan merupakan salah satu lokasi yang ideal untuk jamur berkembang biak karena lingkungannya yang lembab dan hangat. Rasa gatal cenderung semakin intens ketika berkeringat.
  • Intertrigo. Intertrigo merujuk pada kondisi peradangan yang memengaruhi lipatan kulit. Kondisi ini sering terjadi karena kulit mengalami iritasi karena bergesekan dengan pakaian atau karena sering memakai celana dalam yang ketat. Gejalanya meliputi gatal, kemerahan, dan sensasi panas di lipatan kulit, termasuk selangkangan.
  • Infeksi bakteri. Bila kulit selangkangan teriritasi, area tersebut menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri. Gejalanya ditandai dengan gatal kemerahan pada selangkan, dan mungkin terbentuk nanah. Rasa nyeri dan demam juga terkadang menyertainya, terutama bila terjadi infeksi parah.
  • Reaksi alergi. Kulit termasuk kulit selangkangan dapat menjadi teritasi karena alergi terhadap bahan kimia yang terkandung dalam produk-produk yang sering digunakan sehari-hari. Ini seperti deterjen, krim, salep, pelembut kain, atau jeli kontrasepsi, dapat memicu reaksi alergi pada tubuh, termasuk selangkangan. Gatal dan kemerahan pada selangkangan seringkali menjadi gejalanya.
  • Penyakit menular seksual. Dalam beberapa kasus, rasa gatal di sekitar organ intim (termasuk selangkangan) terkait dengan penyakit menular seksual. Bagi mereka yang aktif secara seksual, gatal pada selangkangan bisa terjadi akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, dan kutu atau kutil pada kelamin.

Gatal di area selangkangan ditandai dengan gatal dan iritasi pada pangkal paha, terutama di lipatan antara bagian atas kaki dan alat kelamin. Hal ini lebih sering terjadi pada pria, dan skrotum mungkin juga mungkin akan terasa gatal. Ruam merah kemudian berkembang di selangkangan, biasanya dengan tepi atau batasan yang jelas. Gejala-gejala tersebut bisa menyerang kedua sisi selangkangan. Terkadang, infeksi menyebar ke kulit di bagian lain dari tubuh atau mungkin awalnya dimulai di daerah lain, seperti pada penyakit kaki atlet.

Infeksi jamur pada selangkang biasanya tidak sampai merusak bagian dalam kulit dan biasanya tidak serius. Meski demikian, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda memeriksakannya ke dokter, seperti:

  • Gejala tidak membaik dalam waktu dua minggu, bahkan setelah diobati krim atau obat anti jamur.
  • Anda mengalami gatal selangkangan berulang-ulang.
  • Kulit tampak lecet dan infeksi karena sering digaruk.

Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering merupakan kunci utama untuk mencegah infeksi penyebab gatal selangkangan. Mencuci tangan secara teratur dapat sangat mengurangi risiko tertular kuman penyebab infeksi dari orang lain. Daerah sekitar pangkal paha juga perlu dijaga kebersihannya dan pastikan tetap kering. Saat mandi, cuci daerah tersebut secara teratur dengan sabun dan keringkan secara menyeluruh setelah mandi. Menghindari pakaian atau celana dalam ketat juga dapat mengurangi risiko gatal pada selangkangan, guna menghindari iritasi atau radang kulit yang menjadi pemicu gatal di selangkangan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY