Penyebab Ketika Mata Kedutan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat tiba-tiba mata berkedut, pasti orang tua atau teman di sekitar anda akan berkata “Hayo mata bagian mana yang berkedip, ada artinya tahu”. Hal itu menjadi kebiasaan karena di masyarakat ada kepercayaan bahwa kedutan baik bagian kelopak mata atas atau bagian kelopak mata bawah pasti ada artinya. Ada yang mengartikan akan bertemu dengan orang jauh dan arti lainnya lagi.

Dalam istilah kedokteran kedutan dikenal sebagai myokymia. Kedutan adalah reflek otot kelopak mata untuk melindungi mata dari benda atau stimulasi asing, namun jika terjadi di fase istirahat kedutan bisa menganggu kenyamanan anda.

Kedutan pada mata memiliki dua tipe. Pertama kedutan minor yaitu kedutan yang umumnya tidak memunculkan nyeri dan tidak berbahaya. Kedua, blefarospasme esensial jinak yaitu kedutan dimana kondisi mata menjadi kering, sensitif terhadap cahaya, radang mata dan trikiasis.

Lalu apa sebenarnya penyebab dari mata kedutan? Banyak sekali faktor atau hal yang dapat menyebabkan mata kedutan. Berikut ini akan dijelaskan satu per satu:

  1. Kurang istirahat

Terlalu padatnya aktivitas membuat anda kurang istirahat sehingga tidur menjadi kurang dan tubuhpun mengalami kelelahan. Padahal kelelahan ini mampu menjadi penyebab anda sering kedutan. Jadi sebaiknya jika aktivitas anda tidak bisa dikurangi, mungkin baiknya menambah jam tidur anda.

  1. Stres

Stress menjadi penyebab terbanyak yang membuat mata menjadi kedutan karena setiap hari pasti kita akan berhadapan dengan stress atau tekanan. Kembali lagi, stresspun bisa muncul karena kelelahan jadi perbanyak istirahat adalah solusinya.

  1. Banyak konsumsi kafein

Agar bisa menyelesaikan pekerjaan di saat lembur kebanyakan orang memilih meminum kopi dan jenis minuman lain yang mengandung kafein tinggi. Kafein tersebut dapat menyebabkan mata kedutan jadi sebaiknya kurangi konsumsi kafein.

  1. Mata mengalami ketegangan

Di zaman modern ini orang-orang banyak menghabiskan waktunya di depan smartphone, laptop dan komputer karena banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan ketiga alat tersebut. Seringnya mata terpajan dengan alat-alat tersebut membuat mata mengalami ketegangan dan dapat menyebabkan mata kedutan.

  1. Mata kering

Mata dalam kondisi kering juga menjadi penyebab mata kedutan. Mata kering tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti lama menggunakan komputer, konsumsi obat tertentu, penggunaan lensa mata dan banyak konsumsi minuman berkafein atau alkohol.

  1. Nutrisi yang tidak seimbang

Ketidakseimbangan nutrisi dapat menyebabkan mata anda sering kedutan khususnya kurangnya asupan magnesium.

  1. Konsumsi alkohol

Meski di Indonesia minum alkohol belum terlalu umum, ada baiknya anda menjauhi untuk minum alkohol. Bagi yang mengonsumsi alkohol maka kurangi frekuensi meminum alkohol, sebab alkohol dapat menyebabkan mata anda kedutan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here