Penyebab Nyeri Kepala Karena Kehujanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hujan merupakan proses alami yang ada di bumi dan sudah tidak asing bagi manusia. Proses terjadinya hujan berawal terjadinya evaporasi air yang ada di bumi menguap terangkat ke atas karena energi panas yang dibawa oleh matahari. Kemudian uap air tersebut mengalami proses kondensasi yang mengubah uap menjadi embun yang disebabkan oleh suhu disekitar uap lebih rendah dibandingkan dengan titik embun air. Perubuhan suhu udara yang semakin tinggi membuat bertambah banyaknya titik-titik embun yeng memadat kemudian membentuk menjadi awan. Apabila kondisi awan tersebut sudah jenuh dan tidak sanggup untuk menampung air lagi maka terjadilah hujan. Selain kondisi awan yang sudah jenuh penyebab lain terjadinya hujan yaitu karena butir-butir air tertarik oleh gaya gravitasi sehingga butir air tersebut menjadi hujan.

Hujan merupakan rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada makhluk ciptaannya yang ada di bumi. Ada sebagian orang yang mengalami nyeri kepala setelah kehujanan. Setelah mengetahui proses terjadinya hujan, anda harus mengetahui beberapa penyebab terjadinya nyeri kepala setelah anda kehujanan, diantaranya :

  1. Perubahan suhu

Secara umum penyebab rasa nyeri pada kepala setelah anda kehujanan yaitu akibat paparan perubahan suhu panas menjadi dingin secara mendadak dan tidak biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh menurun. Air hujan dapat membuat suhu tubuh lebih terasa dingin terutama di bagian kepala, peristiwa ini mengakibatkan tubuh bekerja lebih besar untuk berusaha mengeluarkan energi yang lebih besar pula agar suhu tubuh yang terasa dingin mengalami penurunan. Hal inilah yang memicu terjadinya nyeri kepala saat orang kehujanan.

  1. Tekanan udara

Selain perubahan suhu yang terjadi secara mendadak, rasa nyeri pada kepala setelah kehujanan disebabkan pula saat hujan atau mendung telah terjadi tekanan udara yang rendah. Penurunan tekanan udara tersebut mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh yang beresiko terjadinya sakit kepala atau penyakit infeksi lainnya.

  1. Infeksi

Virus, bakteri dan kuman sangat senang berada dalam tempat yang lembab sehingga saat hujan dalam keadaan cuacan yang dingin maka penyebaran virus, bakteri dan kuman lebih cepat. Hal ini mengakibatkan seseorang akan lebih mudah terkena penyakit seperti sakit kepala, batuk, dan flu karena sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan.

  1. Kandungan air hujan

Air hujan mengandung berbagai jenis gas atau senyawa yang terdapat pada udara sehingga kandungan senyawa atau gas tersebut bersifat asam. Meskipun hujan tersebut turun secara rintik-rintik atau gerimis maka seseorang tersebut tetap dapat mengalami nyeri kepala karena rintikan hujan akan membuat konsentrasu zat asam dari senyawa atau gas tersebut akan semakin besar.

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya nyeri kepala pada saat kehujanan anda dapat melakukan pencegahan agar tidak mengalami nyeri kepala atau berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh hujan, yaitu dengan cara pada saat anda sedang menggunakan kendara motor dan kemudian hujan anda harus menggunakan pakaian yang tebal seperti switer dan kemudian gunakan jas hujan. Selain itu apabila anda terlanjur terkena air hujan sebaiknya anda segera membilas rambut yang berfungsi untuk menghilangkan senyawa gas yang bersifat asam yang dibawa oleh air hujan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here