Penyebab Rambut Rontok pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya rambut rontok. Jika jumlah rambut yang rontok masih dalam jumlah 50-100 helai per hari, hal ini masih terhitung normal. Namun, kerontokan parah atau lebih dari itu, dapat memicu terjadinya kebotakan. Jika rambut rontok tidak sampai ke akarnya maka folikel rambut bisa tumbuh kembali. Namun, jika kerontokan sampai ke akarnya, maka dapat terbentuk sebuah luka dan merusak folikel rambut sehingga rambut tidak bisa tumbuh lagi.

Ternyata keluhan rambut rontok ternyata juga dialami oleh para pria, lho. Jika pada artikel sebelumnya, kita membahas bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, kali ini penulis akan mengajak Anda membahas penyebab rambut rontok pada pria.

Di atas telah disebutkan bahwa kerontokan rambut tidak hanya dialami wanita, tapi juga pria. Pola kerontokan rambut pada pria dikenal juga dengan istilah medis Alopesia Androgenetik. Kerontokan terjadi karena akar rambut yang terlalu peka terhadap salah satu jenis hormon testosteron, yaitu dihidrotestosteron (DHT). Tingginya DHT membuat helai rambut menjadi lebih tipis dan lebih cepat rontok dari akarnya.

Kerontokan pada pria biasanya berpola garis rambut yang bergeser naik atau mengalami penipisan rambut di bagian atas atau ubun-ubun, dan dibagian samping kepala.

Rambut rontok yang terjadi pada pria biasanya berhubungan dengan androgen dan usia dari pria tersebut. Selain itu, kerontokan rambut juga disebabkan dari reaksi terhadap obat yang dikonsumsi. Stres juga bisa menjadi faktor utama dalam kerontokan rambut, karena stres dapat memicu produksi hormon testosteron yang membuat rambut menjadi rontok pada pria. Rasa tegang khususnya di leher dan bahu akan menghambat sikulasi darah ke kulit kepala serta folikel akan menjadi lemah dan kekurangan makanan.

Faktor keturunan juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab rambut rontok pada pria. Faktor keturunan yang mungkin diturunkan oleh salah satu gen orangtuanya.

Jika makanan yang dikonsumsi lebih banyak adalah makanan cepat saji, banyak mengandung garam dan melakukan diet yang tidak sehat sehingga tubuh banyak kehilangan protein, zat besi dan gizi serta nutrisi lainnya juga akan berpengaruh pada penyebab dari kerontokan rambut.

Itulah beberapa penyebab kerontokan rambut pada pria. Untuk menangani kebotakan pada pria dapat ditangani dengan dua jenis obat, yaitu finasteride dan minoxidil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY