Penyebab Ringan Kesemutan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah Anda pernah merasakan kesemutan? Mungkin beberapa kali Anda pernah mengalaminya. Kesemutan memang sering dialami oleh banyak orang. Perbedaannya ialah seberapa sering orang itu mengalami kesemutan. Kali ini, saya akan mengajak Anda untuk membahas beberapa penyebab ringan yang sering dialami oleh banyak orang, tidak terkecuali remaja.

Kesemutan sendiri merupakan salah satu bentuk reaksi tubuh karena adanya tekanan yang terjadi pada pembuluh darah atau syaraf yang saling berhubungan. Kesemutan juga tidak hanya satu macam lho, dari yang normal hingga yang menjadi gelaja suatu penyakit. Kesemutan yang normal masih dinilai wajar misalnya jika sering kesemutan tapi tidak merasakan gejala lain pada tubuh. Kesemutan jenis ini memang biasa dirasakan oleh banyak orang. Namun, ada beberapa orang yang mengalami kesemutan yang disertai dengan beberapa gejala yang tidak normal. Jika hal ini terjadi, berarti kesemutan ini merupakan gejalan dari penyakit serius.

Kesemutan disebabkan oleh adanya aliran darah yang terhenti dari pembuluh darah ke titik syaraf tertentu yang berada di tangan atau kaki seseorang. Hal inilah akan menyebabkan banyak titik yang menyerang pada bagian kaki dan tangan dan membuat bagian tubuh Anda menjadi mati rasa. Bahkan, karena bagian itu mati rasa, maka Anda tidak akan merasa sakit ketika ada binatang menempel seperti digigit semut atau bahkan ketika terkena benda yang lancip atau tajam. Kesemutan jenis ini merupakan kesemutan yang normal dan akan segera kembali normal. Terlebih jika Anda terus menggerak gerakkan bagian tubuh yang kesemutan, makan kesemutan akan lebih cepat hilang.

Selain penyebab di atas ada pula beberapa penyebab umum yang dapat membuat Anda kesemutan, seperti:

  • Jika Anda memakai sepatu atau sandal yang memberikan tekanan kuat pada bagian kaki seperti ukuran yang terlalu kecil juga dapat memicu terjadinya kesemutan
  • Ketika Anda mencoba duduk dengan tekanan pada bagian kaki tertentu dalam waktu yang lama

Anda juga dapat mengalami kesemutan jika Anda kekurangan makanan yang di dalamnya mengandung vitamin B12 yang menyebabkan anemia, sehingga sering berpengaruh untuk kesehatan syaraf.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY