Penyebab Terjadinya Penurunan Libido pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Libido merupakan suatu istilah untuk menandakan gairah seseorang pada kehidupan seksualnya. Libido pada pria dan wanita dipengaruhi oleh hormon yang berbeda. Libido pada seorang wanita dipengaruhi oleh hormon estrogen, sedangan libido pada pria dipengaruhi oleh hormon testosteron. Gairah seks atau libido dapat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga seseorang, hal ini terjadi karena setiap suami atau istri harus memenuhi kebutuhan seksual dari pasangannya.

Faktanya di dunia ini terkadang seseorang mengalami gangguan pada kehidupan seksualnya dimana turunnya libido atau gairah seks yang menyebabkan seseorang kurang bergairah untuk melakukan hubungan seks. Penurunan libido pada pria disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Hormon testosteron yang rendah

Hormon testosteron pada pria memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan seksualnya karena hormon tersebut mempengaruhi libido atau gairah seks. Selain itu hormon ini memiliki peran dalam membangun otot dan tulang serta merangsang produksi sperma. Rendahnya kadar testosteron pada tubuh pria dapat membuat penurunan libido pada pria. Hormon testosteron pada pria dianggap rendah apabila mencapai jumlah 300 – 350 nanogram.

  1. Pengaruh obat-obatan

Obat merupakan salah satu upaya untuk mengatasi suatu penyakit. Akan tetapi obat-obatan dapat memberikan efek samping pada tubuh lainnya. Penurunan libido pada pria dapat disebabkan oleh pengaruh pemakaian obat-obatan jenis tertentu.

  1. Restless Legs Syndrome (RLS)

Restless Legs Syndrome (RLS) adalah keadaan neurogologis yang menyebabkan seseorang memiliki keinginan yang tidak terkontrol untuk menggerakan kaki mereka. Biasanya ini disebabkan karena rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada kaki. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa pria yang mengalami RLS akan beresiko tinggi mengalami disfungsi ereksi dan penurunan libido.

  1. Depresi

Kondisi stress dan depresi memiliki kaitannya dengan hormon kortisol. Menurut seorang penulis buku yang berjudul “The Hormone Cure” yang bernama Sara Gottfried menyatakan bahwa peningkatan hormon kortisol yang tinggi akan membuat seseorang mengalami stres sehingga tubuh akan bekerja lebih cepat. Selain itu beliau menjelaskan bahwa hormon ini dapat berpengaruh pada fungsi vital seseorang termasuk seorang pria.

  1. Penyakit kronis

Penurunan libido pada pria dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan dimana seseorang yang memiliki penyakit kronis seperti kanker, hipertensi dan lain-lain. Hal ini menyebabkan seorang pria kurang bersemangat untuk melakukan hubungan seks.

  1. Kebutuhan istirahat yang kurang

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal oof Clinical Endocrinology dan Metabolisme (JCEM) menyatakan bahwa seorang pria yang mengalami obstructive sleep apnea (OSA) memiliki kadar hormon testosteron yang rendah yang berpengaruh pada kehidupan seksualnya dimana pria tersebut akan mengalami penurunan libido.

  1. Penuaan

Semakin tua umur seorang pria maka gairah seksualnya dapat menurun tidak sediakala. Usia ini biasanya terjadi sekitar 60 tahun yang menyebabkan penurunan libido.

  1. Hubungan terlalu intim

Hubungan terlalu intim dengan pasangan dapat menjadi penyebab menurunnya libido pada pria yang menyebabkan gairah seks pada pria tersebut berkurang. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here