Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja

SehatFresh.com – Semakin bertambahnya usia seseorang biasanya akan menunjukan adanya penurunan fungsi tubuh, salah satunya fungsi nutrisi pada rambut. Kulit kepala sudah tidak bisa ternutrisi sepenuhnya seperti saat masih muda sehingga membuat rambut anda bermasalah seperti tumbuhnya uban.

Tumbuhnya uban pada orang tua secara fisiologis merupakan hal yang wajar. Tetapi sekarang ini justru usia remaja sudah mulai mengalami tumbuhnya uban pada rambutnya. Tentunya hal ini tidak wajar mengingat usia yang masih belia.

Tumbuhnya uban pada remaja bukan tanpa penyebab. Tentunya ada beberapa hal yang memicu tumbuhnya uban pada remaja. Berikut beberapa penyebab tumbuhnya uban pada remaja:

  1. Faktor keturunan

Genetik atau faktor keturunan bisa menjadi penyebab mengapa anda masih remaja tapi sudah tumbuh uban pada rambut. Jadi saat anda memiliki uban di usia remaja, anda bisa mencari tahu apakah orang tua anda dulu juga mengalami hal yang sama dengan anda yaitu beruban di usia muda. Jika sama, maka memang uban yang tumbuh di kepala anda terjadi karena faktor keturunan.

  1. Kekurangan vitamin

Rambut akan memutih lebih awal atau memutih di usia muda bisa terjadi karena anda kekurangan vitamin. Kadar vitamin yang kurang tersebut antara lain Vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, vitamin E. Kadar Feritin dan kolesterol baik HDL-C yang rendah juga menyebabkan tumbuhnya uban di usia remaja.

  1. Merokok

Tidak sedikit para remaja Indonesia yang berani merokok karena berbagai faktor. Karena kebiasaan merokok tersebut juga menyebabkan anda untuk mudah tumbuh uban meski masih muda. Bahkan remaja yang merokok akan meningkatkan kemungkinan beruban di usia muda sebanyak 2,5 kali lebih cepat beruban sebelum berusia 30 tahun.

  1. Stress oksidatif

Remaja juga dapat mengalami stress, khususnya stress oksidatif. Yang dimaksud dengan stress oksidatif adalah keadaan yang terjadi akibat tubuh mengalami kelebihan jumlah radikal bebas dan tubuh kesulitan untuk menetralkannya. Jika anda sering mengalami stress oksidatif maka akan menyebabkan perubahan pigmen kulit yang salah satunya rambut menjadi lebih cepat putih.

  1. Mewarnai rambut

Selalu tampil dengan rambut hitam terkadang membuat anda bosan sehingga mewarnai rambut anda sesuai warna yang anda inginkan. Tetapi anda perlu berhati-hati karena mewarnai rambut juga menjadi faktor penyebab anda ubanan. Hal ini terjadi karena pewarna rambut mengandung hidrogen peroksida yang menyebabkan rambut menjadi putih. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here