Tips Mendampingi Istri Sedang Merasakan Kontraksi Persalinan

SehatFresh.com – Kontraksi pada saat persalinan dapat berlangsung secara teratur dengan kekuatan yang semakin meningkat. Rasa sakit yang dirasakan oleh ibu seperti halnya kram saat menstruasi yang berasa dimulai dari punggung menjalar ke pinggang dan perut atau bahkan sebaliknya.

Sehingga tidak heran jika berbagai macam eksperi yang wanita tunjukan saat merasakan kontraksi asli saat persalinan. ada sebagian wanita yang rewel, emosian, sabar, diam dan lain sebagainya. Untuk itu kita yang berada disampingnya perlu memahami dan mengerti kondisi tersebut agar rasa sakit yang ibu rasakan sedikit berkurang.

Dalam kondisi ini peran serta dukungan dari orang terdekat terutama suami sangatlah penting dan berpengaruh kepada psikologi ibu. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh suami saat istri sedangan mengalami kontraksi, diantara sebagai berikut :

  1. Mengetahui metode persalinan

Memahami dan mengerti metode persalinan yang diinginkan salah satu tips yang harus dilakukan oleh suami saat mendampingi proses persalinan. setelah anda mengetahui metode persalinan yang diinginkan oleh sang istri anda mempelajarinya agar anda mengerti dan memahami hal tersebut.

  1. Pelajari cara membuat nyaman istri

Proses melahirkan terutama pada masa kala I terjadinya proses kontraksi dan pembukaan merupakan suatu hal yang tidak nyaman bagi seorang wanita. Hal ini suatu tantangan yang harus anda pahami dan cermati serta pelajari bagaimana cara anda untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh istri. Contohnya mengusap-ngusap punggung istri.

  1. Hindari sikap ketidaksabaran atau bosen

Jangan pernah merasa bosan dan lelah apalagi tidak sabar saat anda menghadapi istri yang sedang dalam proses persalinan terutama pada masa kontraksi. Menunjukan rasa bosan dan ketidaksabaran anda hanya akan mengakibatkan istri merasa tidak di perdulikan.

  1. Jangan pernah membandingkan

Jangan pernah banding-bandingkan istri anda dengan orang lain. karena siapapun itu tidak akan pernah mau dibandingkan. Contohnya membandingkan proses persalinan teman dengan istri anda.

  1. Jangan tinggalkan istri sendirian

Tetap berada disamping istri dan menemani istri sampai proses persalinan selesai merupakan salah satu hal yang harus dilkukan oleh anda sebagai seorang suami.

  1. Mengelus kaki, punggungm dan tangan

Memberikan sentuhan berupa usapan atau mengelus didaerah kaki, punggung, dan tangan dapat mengurangi rasa sakit yang istri anda alami.

  1. Mengajak istri jalan-jalan

Penatalaksanaan kala I salah satunya jalan-jalan ringan apabila ketuban belum pecah. Anda sebagai suami harus ikut serta menemani istri saat dianjurkan jalan-jalan ringat. Hal ini salah satu bentuk dukungan anda kepada sang istri.

  1. Hindari ekspresi yang menunjukan rasa takut anda

Menunjukan rasa takut anda saat melihat proses persalinan sang istri dapat mengurangi rasa percaya istri dan membuat istri merasa cemas.

  1. Bersiap mengambil keputusan

Sebagai suami anda harus bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk istri saat istri harus mendapatkan penanganan yang membutuhkan persetujuan keluarga untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut demi keselamatan istri dan calon si buah hati. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here