Penyebab Urat Tampak Menonjol

0
8
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mendapati urat menonjol dan tampak jelas pada tangan, kaki, leher dan lain sebagainya? Jika demikian, mungkin Anda bertanya-tanya penyakit apa yang menyebabkannya. Urat menonjol biasanya sering dijumpai pada orang lanjut usia. Mulai usia pertengahan, lapisan lemak akan semakin menipis seiring pertambahan usia. Dinding pembuluh darah juga melemah sehingga menyebabkan penumpukan darah dan membuat urat-urat di beberapa bagian tubuh terlihat lebih menonjol.

Selain para lansia, urat menonjol juga sering tampak pada ibu hamil. Pada ibu hamil, tubuh mensintesis lebih banyak darah dan detak jantung pun meningkat untuk memenuhi kebutuhan darah ekstra untuk janin dalam kandungan. Peningkatan volume darah dan pembuluh darah yang melebar menyebabkan pembuluh darah pada kulit perut, kaki, dan payudara terlihat lebih jelas. Biasanya kondisi akan membaik dengan sendirinya setelah melahirkan.

Tapi, bagaimana kalau Anda seorang pria dan masih muda? Pada dasarnya, siapapun bisa mendapati urat menonjol pada bagian-bagian tubuhnya karena penyebab urat menonjol itu sendiri bisa beragam. Berikut adalah penyebab lain urat menonjol selain penuaan dan kehamilan:

  • Latihan angkat beban

Latihan angkat beban memberi tekanan pada pembuluh darah sehingga membuatnya menjadi kaku dan menonjol. Hal ini karena angkat beban memengaruhi otot-otot di sekitar pembuluh darah. Pada gilirannya, peningkatan ukuran dan kerapatan otot membuat urat pada beberapa bagian tubuh menjadi lebih terlihat.

  • Efek samping obat

Obat tertentu, terutama steroid, dapat menyebabkan penipisan kulit sehingga membuat urat-urat tampak menonjol. Jika Anda menggunakan obat steroid dan urat-urat tubuh menjadi menonjol, sebaiknya hentikan pemakaian obat dan berkonsultasi dengan dokter.

  • Varises vena

Varises vena adalah kondisi pembesaran pembuluh darah. Setiap pembuluh darah bisa mengalami varises, namun seringnya pada bagian betis dan kaki dengan gejala urat-uratnya menjadi tampak menonjol. Varises juga seringkali ditandai rasa sakit pada area vena kaki setelah berdiri atau duduk untuk waktu yang lama. Selain varises vena, urat menonjol juga bisa mengindikasikan kondisi yang lebih ringan dari varises vena, yang disebut vena laba-laba (spider veins). Pada kondisi ini, urat yang tampak menonjol berpola seperti jaring laba-laba dan lebih sering terlihat di wajah.

Urat menonjol biasanya tidak berbahaya dan tidak memengaruhi sirkulasi darah. Di sisi lain, urat menonjol juga bisa menjadi kondisi yang serius. Segera periksakan jika area urat yang menonjol (terutama kaki) terasa pegal, gatal, nyeri setelah duduk atau berdiri lama, urat mengeras, dan perubahan warna pada kulit. Gejala-gejala tersebut kemungkinan mengarah ke varises vena yang bila dibiarkan dapat menimbulkan komplikasi berupa penggumpalan darah, munculnya ulkus, dan pendarahan karena pecahnya pembuluh darah yang sangat dekat dengan kulit. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY