Perbedaan Bahayanya Rokok Elektrik dan Rokok Tembakau

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meski sudah mengetahui efek berbahaya dari merokok, yang bahkan sudah tertera di kemasan rokok yang dibeli. Kebanyakan pria masih saja mengonsumsi rokok tanpa mempedulikan efek bahaya dari rokok yang bahkan dapat mengakibatkan kematian bagi penggunanya.

Bahkan sekarang ini ada inovasi rokok yang baru. Tidak hanya ada rokok yang terbuat dari tembakau, tetapi ada terobosan baru yaitu rokok elektrik atau biasa disebut juga dengan vape. Dengan adanya rokok elektrik atau vape juga membuat beberapa perokok beralih menggunakan vape dan jumlahnya tidak sedikit. Dengan pengalihan tersebut, apakah rokok elektrik lebih aman dari rokok tembakau jika digunakan?

Dari beberapa studi tidak ada yang membuktikan bahwa rokok elektrik lebih aman dari rokok tembakau. Salah satunya, menurut dr. Nauki Kunugita seorang peneliti dari National Institute Of Public health Jepang, mengungkapkan bahwa dalam satu rokok elektrik dapat ditemukan 10 kali tingkat karsinogen dibandingkan dengan satu batang rokok biasa atau rokok tembakau. Perlu anda ketahui bahwa karsinogen adalah kelompok zat yang secara langsung dapat merusak DNA, dan membantu terjadinya kanker dalam tubuh.

Menurut CNN Indonesia juga memberi pernyataan bahwa bahaya dari rokok elektrik ini dapat menyebabkan terjadinya keracunan akut nikotin dan adanya kasus kematian pada anak. Sebab dengan adanya rokok elektrik juga dapat mendorong pengguna dari kalanagan anak-anak. Bahkan uap yang dihirup oleh orang yang berada di lingkungan perokok elektrik atau vape juga akan mendapat dampak bahaya dari vape yaitu uap yang terhirup dapat menimbulkan serangan asma, sesak napas, dan batuk. Rokok elektrik sebaiknya juga tidak digunakan oleh orang yang menderita pneumonia, gagal jantung, disorientasi, kenjang, hipotensi. Rokok elektrik sewaktu-waktu juga dapat meledak dan menyebabkan luka bakar.

Dari pernyataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa rokok tembakau meskipun sama-sama memiliki bahaya tetapi kadarnya lebih aman dibandingkan dengan rokok elektrik.

Perbandingan bahaya dari rokok elektrik dan rokok tembakau adalah sebagai berikut ini:

  • Roko tembakau dapat menyebabkan penyakit jantung, paru-paru, impotensi, serta gangguan hamil atau janin. Sedangkan roko elektrik dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan.
  • Kandungan dalam rokok tembakau adalah nikotin, tar, arsenic,karbon monoksida, amonia dan bahan kimia lainnya. Rokok elektrik memiliki kandungan nikotin, gliserol sayuran, propylene glycol, pemanis buatan dan macam-macam perasa buah.

Itulah perbedaan keamanan pada rokok tembakau dan rokok elektrik yang dapat anda ketahui. Semoga bermanfaat. (DKA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY