Persiapan untuk Menyambut Bulan Ramadhan Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Waktu memang berjalan sangat cepat, tidak terasa sebentar lagi kita akan bertemu kembali dengan bulan ramadhan. Bulan yang penuh nikmat dan berkah serta pahala. Sehingga semua umat muslimpun berbondong-bondong dengan suka cita menyambut bulan yang penuh nikmat ini.

Untuk menyambut bulan ramadhan biasanya setiap orang memiliki persiapan yang berbeda-beda. Ada yang mempersiapkan baik kebutuhan sehari-hari di bulan ramadhan hingga ibadah kepada Allah SWT. Namun, tak jarang ada yang tetap santai saja karena merasa bingung harus mempersiapkan bulan ramadhan seperti apa.

Memang sebaiknya anda memiliki persiapan yang baik ketika menyambut bulan yang suci ini, sehingga ketika bulan ramadhan tiba anda akan merasakan kenikmatan yang penuh dan berbagai pahala yang Allah SWT berikan kepada hambanya. Jadi, jangan lewatkan bulan ramadhan anda hanya dengan bersantai saja. Anda tidak mau ketinggalan mendapatkan pahala yang begitu banyak bukan? Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang dapat anda siapkan untuk menyambut bulan ramadhan dengan baik, sehingga tidak ketinggalan dalam mendapatkan pahala dan ridho-Nya :

  1. Bulatkan hati dan niat

Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah mantapkan hati anda. Karena di bulan ramadhan ini anda harus menjaga diri dari berbagai macam maksiat. Jika  hati dan niat anda sudah siap, insyaallah nanti anda bisa menghadapi semua hal atau melaksanakan ibadah dengan baik di bulan ramadhan.

  1. Menjaga Kesehatan

Jagalah kesehatan anda mulai sekarang, sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak menyenangkan seperti sakit ketika berpuasa. Anda dapat mempersiapkan tubuh anda tetap sehat dengan cara berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

  1. Siapkan mental

Mental yang baik juga penting untuk dipersiapkan dalam menyambut bulan ramadhan. Pada bulan ramadhan anda akan merasa haus dan lapar sehingga ada kemungkinan untuk tergoda dengan berbagai makanan atau minuman. Oleh karena itu persiapkan mental anda dengan baik agar nanti puasa anda tidak batal di tengah jalan.

  1. Lunasi hutang puasa

Bagi para wanita yang sering memiliki hutang karena bulanannya atau menstruasi sebaiknya mulai ingat kembali apakah masih ada hutang puasa di ramadhan kemarin. Jika masih ada hutang, sebaiknya cepat dilunasi agar puasa anda di ramadhan tahun ini lebih afdal lagi.

  1. Pelajari ilmu agama

Sebelum ramadhan tiba, ada baiknya anda membekali diri dengan ilmu agama. Sehingga dapat membantu anda dalam memaksimalkan ibadah di bulan ramadhan.

  1. Sisihkan harta anda

Tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah. Itulah kata-kata yang sering kita dengar. Di bulan ramadhan ini anda juga harus menyisihkan sebagian harta anda untuk orang yang kurang mampu. Dengan memberikan sebagian harta anda kepada mereka sudah menjadi salah satu amalan sholeh bagi anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here