Resiko Bagi Kesehatan Jika Sering Mengonsumsi Mie Instan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mie instan menjadi bahan pokok untuk sebagian besar setiap orang karena rasanya enak dan cara penyajiannya yang sangat mudah justru sangat di gemari oleh sebagian orang. Perlu anda ketahui mie instan juga dapat menjadi berbahaya ketika dikonsumsi secara berlebihan Terlebih lagi jika mie instan tersebut  konsumsi bersamaan dengan nasi. Resiko mulai dari kegemukan bahkan kematian akan terus mengintai bagi mereka yang pengonsumsi mie terlalu sering.

Mie instan pasti bukan hal yang asing lagi ditelinga kita. Terlebih bagi para penggemarnya yang berada jauh dari keluarga dan terlebih lagi pas akhir bulan dompet menipis dan kiriman belum dateng.  Pasti anda memilih mie instan untuk teman paling setia saat ada merasa lapar. Mie instan yang sering menjadi makanan yang paling instan snda makanan berbahaya. Hal ini karena pada mie instan mengandung cukup tinggi karbohidrat dan juga lemak jenuh. Dalam mie instan tidak dilengkapi kandungan lain seperti serat, protein maupun vitamin. Tentu saja ini membuat mie instan sangat tidak baik jika di konsumsi setiap hari.

Ada beberapa hal yang harus diketahui dari mengkonsumsi mie instan yang berdampak bagi kesehatan, seperti :

  1. Dapat menyebabkan ketidak seimbangan Nutrisi

Dari sebuah penelitian menyampaikan bahwa mengkonsumsi kie instan dapat membuat penikmatnya mengalami peningkatan drastis zat nutrisinya seperti: meningkatnya vitamin B1, B2, Kalori, Lemak dan Garam. Tapi disisi lain ada beberapa kandungan zat yang rendah dibandingkan seseorang yang tidak mengkonsumsi mie instan seperti: vitamin A, B3, C, Zat Besi,Kalsium dan Fosfor.

  1. Dapat memicu penyakit GERD (Gastro Oeophageal Disease)

GERD biasa dikenal dengan nama penyakit fefluks gastroesfageal merupakan penyakit yang diakibatkan karena naiknya cairan lambung pada kerongkongan. Yang di sebabkan karena klep antara lambung dan kerongkongan tidak dapat berfungsi baik. Salah satunya yang dapat memicu terjadinaya penyakit tersebut. Selain itu dalam sebuah penelitian, mie instan termasuk ke dalam jenis makanan yang bersifat refluksogenik. Sehingga mengkonsumsi mie instan bisa memicu kondisi GERD menjadi lebih parah. Hal tersebut kemungkinan dapat disebabkan karena :

  1. Mie instan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.
  2. Bahan utama pembuatan mie adalah tepung terigu, sehingga memungkinkan terjadinya gejala GERD di bandingkan dengan nasi.
  3. Bumbu pada mie instan mengandung garam yang tinggi.
  4. Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan penyakit lainnya. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here