Tips Meningkatkan Kesehatan Emosional Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat anak dalam tahap perkembangan, tugas orang tua adalah memfasilitasi segala sesuatu yang dibutuhkan anak dalam proses perkembangannya serta membantu anak dalam mensukseskan proses tersebut.

Salah satu hal penting dalam perkembangan anak dan perlu bantuan orang tua adalah meningkatkan kesehatan emosional anak. Seorang anak dikatakan memiliki kesehatan emosional yang baik jika mereka dapat mengetahui bagaimana merasakan emosinya dan dapat mengungkapkannya secara sehat dan melalui cara yang positif.

Mengapa kesehatan emosional anak perlu ditingkatkan? Kesehatan emosional perlu ditingkatkan sebab termasuk dalam pilar kesehatan diri. Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan pada umumnya tidak hanya sehat fisik saja namun melibatkan aspek emosional juga. Oleh karena itu meningkatkan kesehatan emosional anak menjadi diperlukan dan penting.

Saat proses perkembangan kesehatan emosional anak, peran orang tua sangat penting. Hal itu dikarenakan anak cenderung akan menirukan atau mengadaptasi emosional dari orang tua mereka. Apa yang mereka lihat bisa saja membentuk emosional dirinya. Oleh karena itu orang tua juga perlu berhati-hati saat di depan anak, salurkan emosi anda ke hal yang positif agar kesehatan emosional anakpun baik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa peran orang tua itu penting dalam meningkatkan kesehatan emosional anak, maka ada baiknya anda melakukan beberapa hal agar dapat membantu anak meningkatkan kesehatan emosionalnya. Berikut beberapa tips meningkatkan kesehatan emosional anak yang bisa anda lakukan sebagai orang tua:

  1. Identifikasi emosi anak

Mengidentifikasi setiap emosi yang ditunjukan anak itu penting sehingga mempermudah anda untuk mengarahkannya ke hal baik. Namun saat berusaha mengetahui emosi anak kadang orang tua mengalami kesulitan karena terkadang anak tidak secara langsung mengungkapkan emosinya sehingga orang tua menjadi bingung. Dalam hal ini mungkin anda dapat menyelaraskan emosi anak dengan diri anda saat mengungkapkan beberapa emosional.

  1. Mengakui emosi anak

Saat anda berhasil mengidentifikasi emosi anak, hal selanjutnya adalah akui emosi yang dikeluarkan anak. Hal tersebut akan membantu anak anda berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya seperti dengan teman dan orang lain.

  1. Dengarkan anak

Mendengarkan emosi yang diungkapkan anak ini diperlukan juga metode mendengarkan dengan empati. Mendengar dengan empati memerlukan mata juga sebagai media dalam mengamati petunjuk fisik yang anak coba untuk mengungkapkan emosi mereka. Sehingga dapat mempermudah anda untuk meningkatkan kesehatan emosional anak.

  1. Bantu anak melabeli emosi

Membantu anak melabeli emosinya akan mempermudah anak mengetahui apa itu marah, senang dan lain sebagainya. Jadi orang tua dalam hal ini sangat membantu anak jika melakukan pelabelan emosinya.

  1. Menentukan batas-bats

Saat anak sudah mengerti tentang emosionalnya. Selanjutnya anda membatu anak mengetahui batasan-batasan saat menggunakan emosi mereka untuk mengungkapkan emosionalnya sehingga anak dapat menggunakan emosionalnya dengan baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here