Rutin Bersepeda Dapat Membakar Kalori

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di usia 40 tahun biasanya seseorang mengalami penurunan tingkat kebugaran jasmani, disebabkan karena menurunya tingkat aktivitas fisik yang dialaminya. Namun, beda ketika seseorang masih berusia muda atau masa remaja dimana kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas fisik masih sering dilakukan.

Banyak remaja saat ini yang gemar menggunakan sepeda untuk tranportasi harian yang mengantar mereka kemanapun yang mereka inginkan dan juga mendapatkan segi olahraganya. Sepeda pertama kali diperkenalkan di Eropa sekitar akhir abad ke 19, setelah itu mulai menyebar hingga ke Amerika Serikat dan kini hampir ke seluruh dunia.

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang dapat membakar kalori cukup besar. Semakin besar usaha yang Anda lakukan saat bersepeda, makin besar juga kalori yang terbakar. Proses pembakaran kalori sangat ditentukan oleh beban kayuhan dan jarak yang ditempuh. Kayuhan akan semakin berat pada medan yang terjal dan menanjak, atau saat kita mengayuh dengan cepat. Sedangkan jarak mempengaruhi lamanya waktu beraktivitas, sehingga makin jauh bersepeda, makin banyak juga kalori terbakar.

Beberapa manfat dari bersepeda bagi kesehatan, seperti berikut:

  1. Disebutkan juga dalam www.leedscyclists.org.uk bahwa bersepeda statis sejam dapat membakar 300 kalori. Sedangkan bersepada dinamis selama setengah jam setiap hari dapat membantu melenyapkan 5,5 kg lemak per tahun.
  2. Bersepeda dan berjalan cepat dapat meningkatkan tingkat kebugaran kardiovaskular sebesar 3-7%. Demikian juga Sangat bermanfaat menurunkan kolesterol hingga 5% dan menurunkan berat badan 3% jika rutin dilaksanakan selama 15 minggu.
  3. Sebuah studi lain, masih dari situs yang sama, membuktikan pekerja yang rutin bersepeda sejauh 20 mil per minggu akan lebih terhindar dari penyakit jantung ketimbang rekan-rekan kerja mereka yang tidak bersepeda sama sekali. Tentu, faktor lain perlu jadi pertimbangan. Seperti kebiasaan merokok, tingkat obesitas, tingkat kolesterol, dan tekanan darah dan lain-lain.

Untuk remaja yang baru mulai mencoba bersepeda disarankan untuk bersepeda dengan santai dan dengan durasi selama 15-30 menit terlebih dahulu, agar otot tubuh tidak kaget. Jika dirasa sudah nyaman dan terbiasa, kecepatan dan waktu bersepeda bisa ditambah. Untuk pembakaran kalori yang lebih maksimal, agar mendapatkan tubuh yang fit dan ideal, berlatihlah secara rutin dengan interval dan variasi kecepatan dan medan, baik tanjakan dan turunan.

Dengan rutin bersepeda, Anda akan menjadi lebih sehat dan bugar, terutama untuk kesehatan jantung dan pernafasan. Selain itu, bersepeda juga dapat mengurangi kemacetan, menciptakan masyarakat yang lebih ramah, mengurangi polusi udara, kebisingan dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here