Usia Ideal Bagi Anak untuk Menggunakan Ponsel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dunia zaman sekarang mengalami kemajuan yang sangat pesat pada bidang informasi dan teknologi. Indonesia merupakan salah satu bangsa yang ikut terlibat dalam kemajuan media informasi dan teknologi. Meningkatnya penggunaan ponsel atau alat-alat yang dapat dengan mudah terkoneksi dengan internet ini, mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jika dilihat pada tahun 2001 jumlah pengguna internet di Indonesia hanya setengah juta penduduk saja. Jumlah ini semakin bertambah karena semakin mudah didapat serta terjangkaunya harga dari ponsel cerdas (Sanjaya & Wibhowo, 2011).

Teknologi canggih seperti gadget diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hiburan dan hobi. Teknologi modern ini jika dilihat dari segi harga jual tidak bisa dibilang murah dan tidak hanya dijadikan media hiburan semata tapi dengan aplikasi yang terus diperbaharui gadget wajib digunakan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan. Baik bisnis, kantor dan penyelesaian tugas kuliah.

Namun, faktanya gadget tak hanya digunakan oleh orang dewasa dan remaja, bahkan pada anak-anak juga. Kemudian lebih ironisnya lagi gadget digunakan untuk anak usia 3-6 tahun, yang seharusnya belum layak untuk menggunakan gadget (Widiawati dan Sugiman, 2014).  Dampaknya, orang tua menganggap bahwa gadget merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendidik anak.

Sementara dalam penelitian yang dilakukan oleh Maulida dalam jurnal keperawatan “Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini” pada tahun 2013 bahwa gadget membawa banyak perubahan begitu besar. Tanpa disadari seseorang yang sering manggunakan gadget dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam bermasyarakat sekitar. Contoh kasus bahwa bocah kelas 5 SD telah melakukan pelecehan seksual terhadap teman sebayanya. Hal ini terjadi karena anak tersebut sering menonton video porno yang dapat dengan mudah diakses dari gadget miliknya. Anak-anak usia 5-12 tahun menjadi pengguna terbanyak dalam kemajuan dari teknologi dan informasi. Tidak asing lagi jika anak usia 5-12 tahun dikatakan sebagai generasi multi-tasking. (Beauty Manumpil,  2015).

Para pakar Psikologi anak rata-rata menagatakan bahwa usia 12 tahun adalah waktu yang ideal untuk memiliki ponsel pertama, tetapi ada juga sebagian mengatakan umur 14 tahun. Nah, sekarang kendali ada ditangan orang tua, yang menentukan apakah anak memang membutuhkan ponsel. Jika waktu itu tiba, sebaiknya bekali anak agar bertanggung jawab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here