Sambut Ramadhan Dengan Tubuh yang Bugar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi umat muslim, bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu. Banyak doa yang mengalir untuk dipertemukan kembali dengan bulan suci ini. Berbagai persiapan pun dilakukan demi menyambut datangnya bulan Ramadan. Salah satu tradisi yang masih sering dilakukan adalah tradisi munggahan.

Tradisi ini dilakukan dengan bermacam cara, seperti berkumpul keluarga, berziarah ke makam dan berbelanja kebutuhan selama Ramadan. Tradisi munggahan dengan berbelanja kebutuhan untuk puasa ini dimaksudkan agar kebutuhan selama bulan Ramadan tetap terpenuhi. Yang paling banyak diburu saat menjelang bulan Ramadan adalah berbagai jenis sayur.

Jenis sayur dipilih karena dipercaya bias menjaga tubuh tetap sehat dan bugar saat berpuasa. Padahal, bukan hanya sayur yang dibutukan agar tubuh tetap bugar saat berpuasa. Berikut ini hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa sehat, bugar dan semangat dalam menjalankan aktivitas :

  1. Kebutuhan gizi dan kalori tubuh

Memenuhi kebutuhan gizi seperti serat, protein, vitamin dan mineral adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Komponen yang seimbang agar memenuhi kebutuhan gizi dan kalori pada tubuh terdiri dari 15-20% protein,  20-25 % lemak, 50-60 % karbohidrat.

  1. Cairan dalam tubuh

Yang tak kalah penting dari memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh adalah memperhatikan kebutuhan cairan pada tubuh. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada bulan Ramadan dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan tidak lemas. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Hal ini dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebanyak 2 liter per hari atau dapat dibagi menjadi 8 gelas per hari.

  1. Menghindari beberapa asupan

Pada bulan Ramadan, gorengan dan sambal menjadi makanan paling favorit bagi sebagian orang. Berbuka dengan gorengan dan sambal, sudah menjadi kebiasaan. Tapi taukah Anda? Mengkonsumsi gorengan dan makanan pedas dapat meningkatkan asam lambung dan menghambat proses pencernaan. Jadi, sebaiknya mulai hindari makanan pedas dan gorengan.

Selain gorengan dan makanan pedas, minuman soda dan air es juga tidak dianjurkan, terutama jika diminum saat berbuka. Keadaan perut yang kosong dan langsung menerima air soda atau air es, ternyata tidak diterima baik oleh lambung. Apalagi bagi penderita penyakit lambung, seperti maag.

  1. Jangan makan secara berlebih

Banyak yang beranggapan, kalau makan banyak saat sahur dan berbuka bisa membuat tubuh bugar dan semangat. Padahal, makan secara berlebih justru membuat tubuh menjadi lemas dan lebih mudah mengantuk. Makan yang terlalu banyak malah akan memperberat proses pencernaan pada tubuh.

  1. Jangan lewatkan makan sahur

Melewatkan waktu sahur berdampak pada tubuh yang kekurangan energi untuk melakukan aktivitas. Makan sahur bisa membantu tubuh tetap bugar, karena makanan yang dikonsumsi saat sahur akan menjadi cadangan energi bagi tubuh.

Dengan menjaga pola puasa, Anda juga dapat menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat selama berpuasa. Jangan mengabaikan makanan yang Anda konsumsi, ini penting agar kebutuhan harian tubuh tetap terpenuhi.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here