Sepuluh Tips Melakukan Meditasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang yang sudah menikmati manfaat dari latihan meditasi rutin atau setiap hari. Ada berbagai alasan yang mendorong orang-orang bermeditasi, misalnya karena ingin menenangkan percakapan batin, memperdalam pemahaman tentang diri sendiri, mencari ketenangan, mengendalikan emosi, mengalami saat-saat menyendiri yang nyaman, atau menjalankan ajaran dalam keyakinan tertentu.

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara meditasi yang benar, khususnya mengenai cara untuk membuat pikiran Anda bisa tenang dan fokus selama melakukan meditasi.  Selain itu, ada pula penjelasan tentang berbagai teknik meditasi yang bisa membantu Anda meraih hasil maksimal, serta cara untuk mengoptimalkan efek meditasi, seperti dengan menggunakan musik meditasi dan aroma terapi.

  1. Jadikan meditasi sebagai aktivitas pertama anda di pagi hari. Biasakanlah untuk melakukan meditasi setelah Anda bangun tidur, sebelum melakukan hal-hal lain seperti menyiapkan sarapan atau membereskan kamar tidur.  Mengawali aktivitas dengan meditasi bisa membuat Anda merasa tenang sepanjang hari sekaligus menyingkirkan mimpi-mimpi buruk yang Anda alami selama tidur semalaman.  Secara psikologis, melakukan meditasi di pagi hari juga terbukti efektif untuk mengurangi rasa khawatir, cemas, dan takut menghadapi hari yang baru.
  2. Mulai meditasi dengan fokus pada pernapasan. Inti utama dari meditasi yaitu cara Anda bernafas.  Awalilah meditasi dengan berfokus pada cara Anda bernafas.  Bernafaslah dengan pelan, ambil nafas dalam-dalam, hembuskan secara perlahan, dan rasakan iramanya seiring dengan detak jantung Anda.  Jika pernapasan sudah bisa diatur dengan baik, maka Anda sudah menapaki 50% tahap meditasi.
  3. Lakukan sedikit pemanasan sebelum meditasi. Hal ini bisa membuat tubuh Anda merasa lebih nyaman ketika harus duduk fokus saat melakukan meditasi.  Ada beberapa pemanasan yang sangat membantu proses meditasi, di antaranya yaitu stretching.  Proses ini bisa dilakukan sambil berbaring atau duduk, dan ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa membuat Anda justru kelelahan sebelum bermeditasi.
  4. Meditasi adalah memfokuskan pikiran, bukan mengosongkan pikiran. Konsep ini terutama harus dipahami bagi Anda yang baru pertamakali melakukan meditasi.  Meditasi adalah sebuah proses aktif yang akan bermanfaat apabila Anda fokus pada tujuan.  Lakukanlah meditasi sebagai aktivitas dengan tujuan tertentu, misal untuk menenangkan pikiran, relaksasi, atau menghilangkan stres.  Jangan mengosongkan pikiran pada saat meditasi.  Anda justru harus fokus pada satu hal, misal irama nafas, detak jantung, atau mungkin figur Sang Pencipta.
  5. Disiplin. Cobalah untuk melakukan meditasi secara rutin agar manfaatnya lebih terasa. Jangan mudah untuk mencari-cari alasan untuk melewatkan meditasi harian Anda. Dengan melakukan meditasi secara disiplin, Anda tidak hanya akan merasakan manfaat secara psikologis, namun juga secara fisik.
  6. Eksperimen. Cobalah untuk melakukan berbagai eksperimen dalam teknik meditasi Anda. Cobalah untuk bermeditasi dari teknik yang paling konvensional seperti bersila, hingga teknik-teknik yang lebih spesifik seperti dalam meditasi yoga, meditasi cakra, atau meditasi lotus.
  7. Sediakan tempat khusus untuk meditasi. Tak perlu satu ruangan besar, mungkin hanya di salah satu pojok kamar Anda, atau di sudut tertentu teras rumah.  Dengan melakukan hal ini, Anda tentunya akan bisa lebih fokus dalam melakukan meditasi dan akan merasa melakukan kegiatan yang lebih spesial.  Pastikan pula untuk menjaga kebersihan ruangan meditasi Anda dari berbagai kotoran dan debu.
  8. Nyalakan Lilin. Teknik ini berguna sekali untuk meningkatkan fokus Anda.  Terutama bagi pemula, berfokus pada satu titik dengan mata terpejam akan sedikit susah.  Untuk mengakalinya, Anda bisa menyalakan sebatang lilin dan menjadikannya sebagai titik fokus pandangan mata selama bermeditasi.  Akan lebih baik jika Anda membeli lilin yang menebarkan aroma terapi jika dinyalakan.
  9. Manfaatkan musik meditasi. Ada banyak musik-musik meditasi yang bisa membantu Anda lebih merasa nyaman dalam meditasi.  Ada yang berupa instrumental, nyanyian, ada pula musik suara alam yang membuat Anda seolah-olah sedang bermeditasi di tengah hutan.  Pilih satu musik yang bisa membuat Anda benar-benar bisa merasa rileks saat melakukan meditasi.
  10. Nikmati proses meditasi Anda. Jangan merasa stres atau terbebani.  Jangan terburu-buru pula untuk menilai hasil meditasi.  Ingat, meditasi adalah sebuah proses jangka panjang yang manfaatnya akan terasa secara signifikan apabila Anda melakukannya secara teratur.  Pastikan untuk menjadikan meditasi sebagai aktivitas yang menyenangkan di tengah kesibukan harian Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY