Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utama vitamin C yaitu sebagi sistem imun yang berperan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu vitamin C dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Menurut pendapat para ahli, menyatakan bahwa vitamin C merupakan vitamin yang paling aman dikonsumsi. Karena apabila seseorang mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena vitamin C dapat dibuang melalui urine. Sedangkan apabila seseorang kekurang vitamin C maka reaksinya akan tampak terlihat.

Berikut ini tanda apabila tubuh mengalami kekurangan Vitamin C?

  1. Perubahan suasana hati

Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin C maka orang tersebut akan mudah marah.

  1. Kulit mudah memar

Memar terjadi disebabkan karena hancurnya pembuluh darah merah yang sangat kecil. Pembuluh darah ini disebut dengan kapiler di pinggir kulit. Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin C akan mengakibatkan pembuluh darah kapiler lemah dan pecah sehingga menimbulkan memar pada kulit. Menurut para ahli kesehatan menyatakan bahwa apabila seseorang mengalami memar di anjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Penurunan berat badan

Tanda kekurangan vitamin C salah satunya terjadi penurunan berat badan. Apabila anda mengalami penurunan berat badan tetapi anda tidak sedang melakukan diet. Kemungkinan hal tersebut disebabkan karena anda mengalami kekurangan vitamin C.

  1. Rambut kering dan rontok

Selain bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia zat besi memiliki fungsi untuk menguatkan rambut. Vitamin C disini berperan untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Oleh karena itu apabila anda kekurangan vitamin C maka anda akan beresiko mengalami rambut kering dan rontok.

  1. Lambatnya penyembuhan luka

Vitamin C  berfungsi untuk pembentukan kolagen dalam kulit. Sehingga vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan dan boostersistem kekebalan yang mendorong penyembuhan luka menjadi cepat. Apabila anda kekurangan vitamin C dan anda mengalami luka maka kemungkinan luka anda akan lambat dalam proses penyembuhannya.

  1. Gusi berdarah dan sariawan

Kolagen dalam tubuh juga berfungsi untuk kesehatan gusi. Apabila anda mengalami sariawan dan gusi berdarah maka perbanyakanlah mengkonsumsi vitamin C agar pembentukan kolagen didalam tubuh anda dalam keadaan sehat.

  1. Mimisan

Kekurangan vitamin C dalam tubuh menyebabkan kerapuhan pembuluh darah kecil di depan hidung. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya mimisan. Apabila anda sering mengalami mimisan sebaiknya anda menghindari diet makanan yang mengandung vitamin C

  1. Mudah sakit

Jika anda sering sakit akibat tubuh anda yang mudah terkena virus dan bakteri disebabkan karena menurunnya sistem imun. Sistem imun atau yang disebut dengan sistem kekebalan tubuh ini dapat di perbaiki dengan cara memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here